Apakah Seorang Blogger Membutuhkan Jaringan atau Media Sosial?

Sekarang ini jaringan sosial dan media sosial menjadi salah satu trend tempat kita untuk bersenang-senang. Terhubung dengan keluarga, teman atau hanya bermain game. Sebagai seorang yang memiliki blog, pertanyaan ini tiba-tiba terlintas dalam benak saya. Mengapa seorang Blogger perlu Media Sosial? Apakah Blogger benar-benar membutuhkan media sosial?
Kita semua perlu untuk bersosialisasi. Ya, saya setuju dan saya yakin anda juga setuju, bukan? Sekarang ini, kita tidak perlu pergi ke beberapa tempat hanya untuk berbicara dengan teman-teman. Kita dapat menggunakan Sosial Media untuk mendapatkan koneksi. Telepon dan Koneksi Internet akan memberikan anda akses untuk berhubungan dengan semua orang, teknologi membuat hal itu terjadi.

Kembali pada topik. Mengapa Blogger Perlu Media Sosial? Saya pikir Sosial media bukan hanya sebuah tempat untuk berkumpul dan “ngobrol-ngobrol’ dengan teman-teman. Sebagai seorang blogger kita perlu menggunakan media sosial untuk mendapatkan manfaat maksimal. Apapun tujuan anda dalam ngeblog, entah itu hanya untuk berbagi pendapat atau menambah uang secara online bahkan mungkin atau bisa saja blog anda tersebut anda gunakan untuk perusahaan anda, anda benar-benar butuhkan Media sosial.

Media atau situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau komunitas blogger sekelas blogcatalog (http://www.blogcatalog.com), merupakan rajanya dari jejaring dan media sosial yang banyak digandrungi oleh orang diseluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Anda yang membaca tulisan ini pun saya yakin pasti memiliki sebuah akun situs jejaring social tersebut, bukan? Dengan memiliki akun facebook, twitter atau media sosial lainnya anda bisa terhubung dengan siapapun tanpa ada lagi batasan, bukan?

Menurut pendapat saya ada beberapa alasan mengapa blogger perlu Sosial Media.

Kepribadian. Tampilkan kepribadian anda. Biarkan orang tahu bahwa anda adalah orang yang nyata.

Koneksi. media sosial adalah tempat yang tepat untuk dapat terhubung antara anda sebagai seseorang blogger, pembaca online blog anda atau teman-teman anda. Kita bisa mulai bicara tentang apapun di media sosial, tidak hanya tentang blog atau artikel.

Sarana Untuk Berbagi. media sosial adalah tempat untuk berbagi blog anda, artikel atau produk dan layanan. Pembaca atau klien anda dapat menghubungi anda jika mereka ingin menanyakan sesuatu atau bahkan hanya untuk menyapa.

Promosi. Anda bisa mendapatkan promosi gratis dari jaringan anda didalam komunitas media sosial yang anda ikuti. Anda yang baru saja membangun sebuah blog, memerlukan “tempat” yang baik dan tepat untuk mempromosikan blog anda, dengan demikian blog anda akan diketahui oleh orang banyak. Orang banyak jadi tahu criteria seperti apa blog anda tersebut. Saya mencontohkan, dalam blog saya memiliki label tulisan “Wisata Belitong”, isi dari artikel-artikel yang ada dalam label tersebut adalah “All about Belitung island – segala hal tentang Pulau Belitung”. Artinya saya ingin memperkenalkan Pulau Belitung versi saya sendiri kepada anda semua melalui situs jejaring social dan untuk itulah saya membuat atau lebih tepatnya membutuhkan sebuah akun facebook. (ya, saya hanya punya akun facebook, saya belum memikirkan untuk membuat akun di twitter dan media social sejenis lainnya untuk mengenalkan blog saya, mungkin nanti!). Need to share!

Lalu lintas. Setiap blogger menyukai hal ini. Ya, Lalu Lintas! Blogger selalu “mencintai” hal ini untuk mendapatkan lalu lintas yang lebih dan lebih dan Media Sosial adalah salah satu sumber terbesar dan mumpuni dalam membangun lalu lintas.

Link. Jika Anda memerlukan kegiatan backlink, Media Sosial dan Jejaring Sosial adalah tempat yang tepat untuk membangun hal tersebut.

Setelah membaca beberapa alasan diatas, saya pikir bahwa kita semua sepakat bahwa seorang blogger itu memang harus membutuhkan media atau jejaring sosial. Saya yakin ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari Media atau Jejaring Sosial sebagai blogger. Media sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk seorang blogger jika kita dapat menggunakannya dengan semaksimal mungkin. Seperti yang sudah saya utarakan diatas bahwasanya Saya memiliki sebuah akun facebook, dan dengan facebook jugalah saya sering memperkenalkan blog saya kepada teman-teman atau orang lain yang sudah terhubung dengan komunitas saya.

Apa pendapat Anda? Apakah anda sepakat dengan saya? Apakah anda juga pernah atau bahkan sering menggabungkan media social atau situs jejaring social dalam meperkenalkan blog anda? Jika anda memiliki sesuatu hal yang anda bisa katakan kepada saya, ataupun hanya ingin menyapa saya saja, silahkan anda meninggalkan komentar dibawah ini, dan dengan senang hati saya akan meresponnya. Dengan adanya komentar anda berarti kita telah melaksanakan salah satu alasan diatas yaitu sebagai sarana untuk berbagi, bukan?

-------------------------------------------------------------------------------------



6 comments :

eric di jogja Saturday, April 10, 2010 at 8:16:00 PM GMT+7  

Saya setuju ... Sosial media memang dibutuhkan oleh seorang blogger untuk mendukung Blog yang dimiliki. Dengan catatan ... jangan sampai terlena asik di sosial media (fb dan sejenisnya) dan lupa dengan blognya ... :) karena di tempat tersebut banyak hal yang bisa menggoda ...
regard

Dasril Iteza Saturday, April 10, 2010 at 10:16:00 PM GMT+7  

Benar sekali Bang Eric, sayang sekali jika media sosial sejenis fb tidak dimaksimalkan apalagi buat kita para Blogger... tak peduli dah Blogger ahli ataupun Blogger pemula

regard too

DonyaBisnis Sunday, April 11, 2010 at 1:35:00 PM GMT+7  

yang suka ngeblog sikap sosial yang diutamakan, berbagi tips, artikel bermanfaatlainnya.. Apalagi yang sudah bisa memanfaatkan jejaring sosial, sosial boockmak sebagai alat mediasi para blogger untuk mempromosikan blog yg kita miliki, sangking sibuknya dgn jejaring sosial akhirnya blog jd lupa buat update. Hehe. Salam kenal.

Anonymous Monday, May 31, 2010 at 1:23:00 PM GMT+7  

kalau aku cara untuk mempromosikan blog adalah dengan blogwalking dan memberi komentar tentang apa yang mereka tulis, meskipun tidak menutup kemungkinan mempromosikan blog dengan menggabungkannya dengan situs jejaring sosial..
salam kenal, kodzan, dan makasih udah mampir ke blog aku..
aku memenuhi janjiku untuk kunjungi blog kamu.. :)

Dasril Iteza Monday, May 31, 2010 at 9:30:00 PM GMT+7  

Dear Sotyasari Dhanisworo ... Baik denga blogwakling kemudian menuliskan komentar dengan membuka identitas blog kita ataupun dengan mensubmit link ke situs jejaring sosial merupakan beberapa dari sekian banyak cara untuk meningkatkan trafic pengunjung blog kita......

salam kenal juga

Dasril Iteza Saturday, March 16, 2013 at 8:41:00 PM GMT+7  

@DonyaBisnis....

Kalo saya malahan begitu update blog, langsung saya kaitkan dengan FB saya, hitung2 mempromosikan artikel terbaru saya. klo dipikir2 ada kalanya blog kita tidak diketahui oleh orang, namun justru dengan mengkaitkannya dengan media atau jejaring sosiallah blog kita akhirnya jadi diketahui oleh kumunitas/ orang banyak.

Salam Kenal juga!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker