About Brain - Otak Manusia

Aout Brain - Otak Manusia. Otak manusia bisa disamakan dengan prosesor komputer. Bedanya, kinerja prosesor dapat diuraikan, sedangkan otak kita tidak (setidaknya belum bisa dijelaskan hingga sampai saya mempostingkan tulisan ini). Tahukah anda bahwa otak manusia dibagi atas dua bagian; otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berfungsi untuk mengerjakan tugas-tugas analitik seperti; bahasa verbal, matematika, logika, angka, urutan, penilaian, analisis dan linier. Sedangkan otak kanan sifatnya yang kreasi seperti; bentuk, intuisi, lagu, musik, warna, simbol, gambar, imajinasi dan menghayal.


Manusia sebenarnya memiliki jumlah sel otak yang sama dengan Albert Einsten, Thomas Alfa Edison bahkan teman kita yang pintar dan selalu menjadi juara umum hanya saja ouputnya berbeda, hal itu dikarenakan pendayagunaannya yang berbeda. Otak manusia memiliki jutaan sel saraf yang disebut neuron yang dapat berinteraksi dengan sel-sel lain di sepanjang cabang-cabang yang disebut dendrit. Kunci penghubung antara dendrit-dendrit adalah suatu zat yang disebut myelin. Ketika kamu menerima informasi maka myelin akan terbentuk sehingga dendrit terhubung. Proses inilah disebut penerimaan dan penyimpanan informasi. Pada tahap awal untuk membuat myelin yang pertama dibutuhkan adalah energi yang besar. Itulah sebabnya seorang yang jarang berfikir secara otomatis akan memiliki daya ingat yang rendah karena energi yang rendah.

Misteri Otak Manusia. Jangankan alam sekitar kita yang terbentang maha luas, otak kita sendiri pun menyimpan banyak misteri. Ada sepuluh misteri yang masih menyelubungi seluk beluk otak manusia. Ilmuwan masih terus mencoba mencari penjelasan ilmiahnya. Tapi tetap saja misteri itu merupakan rahasia kehidupan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Berikut 10 misteri seputar otak manusia yang kita alami sehari-hari, tapi tetap kita tak mampu mencari penyebabnya.


Kesadaran. Saat bangun di pagi hari, kita tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari dari celah jendela, udara pagi nan sejuk, dan seterusnya. Kita menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang ini memicu topik majemuk yang dibahas ilmuwan sejak zaman dulu. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan kesadaran sebagai suatu topik riset realistis.

Hidup Membeku. Hidup abadi memang hanya ada dalam khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic, temuan yang mampu membuat manusia memiliki dua kehidupan. Salah satu pusat cryonic adalah Alcor Life Extension Foundation, di Arizona, yang menyimpan tubuh mahluk hidup dalam tabung berisi nitrogen cair dengan suhu minus 320 derajat fahrenheit.

Idenya adalah manusia yang sudah meninggal akibat penyakit akan dicairkan dan dihidupkan kembali di masa mendatang saat penyakit itu sudah bisa disembuhkan. jenazah Ted Williams, pemain baseball kenamaan disimpan di sini. Karena teknologinya belum ditemukan, maka penghidupan kembali belum dilakukan. namun tubuhnya sudah “dilelehkan” dengan suhu yang tepat sehingga sel-selnya membeku dan memecah.

Misteri Kematian. Bagaimana manusia menjadi tua? manusia terlahir dengan mekanisme tubuh yang mampu bertahan dari penyakit. Itu sebabnya luka bisa sembuh sendiri wanta diobati. Tapi seiring dengan bertambah usia, mekanisme itu menurun. kenapa bisa begitu? Ada dua teori penjelasannya. Pertama, penuaan adalah bagian dari genetika manusia. Kedia, penuaan adalah hasil dari sel-sel tubuh yang rusak.

Alam VS Asuhan. Perdebatan tentang pikiran dan kepribadian manusia masih berkutat antara dua hal di atas. Kepribadian dan pemikiran manusia dikatakan dikontrol oleh gen atau lingkungan?Atau bisa jadi keduanya? Masih belum ada kesepakatan di kalangan ilmuwan tentang hal ini.

Pemicu Otak. Tertawa adalah hal yang paling sedikit dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Pertama, bagian yang berpikir sebelum kita memahami suatu gurauan. Kedua, area yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu. Lalu sebuah area emosional yang menggugah perasaan geli.

John Morreall, ilmuwan peneliti humor dari College of William and Mary, menemukan bahwa tertawa adalah respon bermain atas kisah yang tidak sesuai dengan harapan. Tertawa juga mampu menular pada orang lain.

Daya Ingat. Beberapa pengalaman sulit dilupakan, sebaliknya kita justru kerap melupakan hal-hal penting. Bagaimana itu bisa terjadi? menggunakan teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori. mereka menemukan hippocampus dan materi abu-abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dipukana, masih tetap jadi misteri.

Jam Biologis. Otak juga memiliki nukleus suprachiasmatic nucleus alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin. Perdebatan terakhir adalah apakah suplemen melatonin mampu mencegah jet lag?

Perasaan Dihantui. Diperkirakan 80 persen dari sensasi pengalaman termasuk gatal, tertekan, nyaman dan rasa sakit datang dari bagian tubuh yang hilang. Ada orang yang mengalami adanya organ tubuh mereka yang tidka nampak tapi bisa merasakan. Salah satu penjelasan adalah adanya area syaraf di salah satu organ tubuh yang menciptakan konseksi baru pada saraf tulang belakang dan berlanjut mengirimkan sinyal ke otak.

Tidur. Mengapa manusia butuh tidur? Ilmuwan paham bahwa semua mamalia butuh tidur cukup. Tidak cukup tidur berkepanjangan akan menimbulkan halunisasi bahkan kematian. Ada dua tingkatan dalam tidur, yakni tidur yang non-rapid eye movement (NREM), terjadi selama otak memperlihatkan rendahnya aktivitas metabolik. Lalu tidur tingkat rapid eye movement (REM), saat otak masih cukup aktif.

Mimpi. Selain tidur, mimpi juga menjadi misteri. Kemungkinannya adalah, bermimpi merupakan latihan otak yang menstimulasi trafik synap antar sel-sel otak. Teori lain mengatakan manusia bermimpi mengenai tugas dan emosinya yang tak sempat diperhatikan selama mereka terjaga di siang hari.

Otak Buatan - 10 Tahun Lagi!

Dan misteri otak manusia ini akan terus dicari oleh para manusia, untuk menemukan jawaban sehingga dengan begitu mungkin akan membuat rasa penasaran terhadap keingintahuan jadi berkurang atau hilang sama sekali. Perkembangan ilmu pengetahuan memungkinkan manusia menciptakan otak buatan untuk pertama kalinya, hanya dalam waktu 10 tahun ke depan. Demikian klaim para ilmuwan Swiss yang tergabung dalam Blue Brain Project.

Otak Buatan

Para ilmuwan yang tergabung dalam proyek itu adalah yang pertama kalinya mencoba mengkreasi otak buatan dengan mereka ulang sifat miliaran neuron otak dengan bantuan komputer. Rencananya, otak manusia sintetis yang akan dibuat itu bakal diteliti untuk memahami bagaimana informasi panca indra dari dunia luar diinterpretasi dan disimpan. Selain itu sebagai cara baru untuk meneliti penyakit otak tanpa perlu lagi bereksperimen pada binatang.

Berbicara di Oxford University, Inggris, profesor Henry Markham selaku direktur proyek mengklaim telah sukses mensimulasi neocortex otak, bagian yang berkembang pesat untuk menangani situasi sosial. Mereka mengkreasi simulasi 3D sekitar 10.000 sel otak untuk meniru sifat neocortex otak tikus. Langkah permulaan ini membuat mereka optimis dapat membuat otak manusia dengan fungsi yang sama persis dengan otak asli dalam 10 tahun ke depan.


"Anda perlu satu laptop hanya untuk mengkalkulasi satu neuron, sehingga anda memerlukan sepuluh ribu laptop (sampai selesai)," kata Henry Markram, profesor pada Brain Mind Institute di Swiss.

“Saya benar-benar yakin secara teknis dan biologis mungkin, kalau proyek ini bakal bisa terwujud. Satu-satunya yang tidak pasti adalah pendanaan. Ini adalah proyek yang sangat mahal,” Lanjutnya lagi

“Otak manusia tentu saja sangat rumit karena memiliki triliunan sinapsis, miliaran neuron, jutaan protein, dan ribuan gen. Tapi mereka masih terbatas jumlahnya,” kata Markram.

“Teknologi saat ini sangat canggih dan memungkinkan kita membalik pembangunan otak secara cepat,” jelasnya. Sebuah contoh mengenai kemampuan yang telah ada adalah saat ini robot dalam melakukan pemindaian dan pemetaan puluhan ribu kali lebih cepat dibandingkan manusia.

Dia menyebutkan bahwa riset ini sebelumnya telah dilakukan simulasi pada tikus, dengan meneliti elemen-elemen di dalam otaknya.

Lebih dari 15 tahun, Henry dan timnya telah mempelajari struktur kolom neocortical atau neocortex pada otak. "Membuat sebuah otak seperti membuat katalog mengenai bagaimana sistem komunikasi bekerja dan bagaimana saraf-saraf dapat terhubung," ujar Henry.

Meskipun tiap neuron itu unik berbeda-beda pada tiap orang, tapi Henry menemukan pola yang sama pada otak yang berbeda. "Biarpun otak seseorang kecil atau besar, dan memiliki morfologi neuron yang berbeda, tapi struktur dasarnya sama," papar Henry.

"Mungkin inilah yang dinamakan spesies yang spesifik, yang menjelaskan mengapa manusia tidak dapat berkomunikasi dengan spesies lain, contohnya hewan," tambahnya.

Penelitian ini diharap mampu menjadi pencerahan dan juga salah satu jalan keluar bagi mereka yang memiliki keterbelakangan mental agar memiliki hidup yang lebih baik lagi. Sementara itu, menurut dia, selain masalah keuangan, rintangan lainnya adalah selama 100 tahun penemuan ilmu saraf telah menyebabkan jutaan fragmen data dan pengetahuan yang belum pernah dibawa bersama dan dimanfaatkan sepenuhnya.

“Tantangan terbesar adalah untuk mengerti bagaimana pola kimia-magnetik-elektrik di dalam otak berubah menjadi persepsi kita tentang realitas. Kita berpikir melihat dengan mata, tetapi dalam kenyataannya sebagian besar dari apa yang kita ‘melihat’ adalah sebagai proyeksi yang dihasilkan oleh otak Anda,” tandasnya.

Maka untuk melangsungkan proses tersebut, mereka memilih memakai super komputer IBM Blue Gene. Apakah impian ambisius mereka itu bakal terwujud? Waktu yang akan menjawabnya.

Diresume oleh Dasril Iteza, dari berbagai sumber.

-------------------------------------------------------------------------------------



6 comments :

depalpiss Tuesday, April 13, 2010 at 6:40:00 AM GMT+7  

hmmm analisa yang menarik sob! mungkin lain waktu sobat juga bisa menjelaskan hal yng lebih misteri lagi selain otak misalnya! Perasaan! he salam kenal

depalpiss Tuesday, April 13, 2010 at 6:42:00 AM GMT+7  

hmm ulasan yg mearik! sobat, mungkin lain waktu sobat bisa mengulas ttg! hal yg lebih misteri dr manusia spt. perasaan dan intelensia! thamks nice share

Anonymous Saturday, June 5, 2010 at 9:52:00 AM GMT+7  

hemmm ulasan yg menarik.....
otak manusia emng penuh misteri.... bisa memikirkan banyak hal2 yg tak terhingga!

ade Friday, November 12, 2010 at 7:17:00 PM GMT+7  

otak memang penuh misteri...

Dasril Iteza Thursday, March 24, 2011 at 2:19:00 PM GMT+7  

@ade....

otak hanyalah salah satu dari sekian banyak misteri......

Dasril Iteza Thursday, September 13, 2012 at 12:43:00 PM GMT+7  

@depalpiss
Mudah2an aja bos, kalo semua bahan dan data2nya sudah lengkap, Langsung akan dipostingkan.

Makasih dan Salam Kenal Juga.

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs