Arsip Sebagai Memori Pribadi

Arsip menjadi sebentuk memori adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ingatan yang dibagi bersama oleh sekelompok orang maupun personal (pribadi). Masyarakat secara inheren melalui proses selektif dan proses subjektif menceritakan pengalaman masa lalu untuk membantu membentuk identitas kolektif mereka. Hal ini berlaku untuk semua jenis masyarakat apakah ini adalah keluarga, kelompok sebaya, lingkungan asosiasi, klub sosial, komunitas game online, organisasi keagamaan, kelompok etnis dan bangsa dan juga pribadi.

Inilah sedikit tulisan saya yang mengupas arsip sebagai memori pribadi sebagai sambungan dari beberapa waktu yang lalu saya juga telah memposting arsip sebagai memori kolektif bangsa. Dari sudut pandang arsip sebagai memori pribadi tentunya banyak hal yang bisa saya contohkan untuk mempertegas penjabaran arsip sebagai memori pribadi.

Anda yang pernah bersekolah dari SD sampai dengan SMU tentunya dirumah memiliki ijazah perjenjang tingkatan tersebut, bukan? Ijazah SD sampai SMU yang anda miliki merupakan arsip pribadi anda yang melegitimasi bahwa anda pernah menempuh jenjang pendidikan hingga SMU. Ada bukti yang tercatat dalan selembar ijazah tersebut. Ijazah-ijazah tersebut bisa dipergunakan tidak hanya menegaskan identitas akademik anda tapi juga untuk mencari perkerjaan. Saat disodorkan oleh persyaratan bahwa anda diminta untuk menunjukkan ijazah anda tentunya anda harus mematuhi peraturan yang dikehendaki.

Anda yang pernah kuliah diperguruan tinggi juga tidak lebih dari ijazah anda sampai SMU diatas. Anda bisa saja mengaku telah memiliki gelar sarjana, magister atau doktor, namun semua itu perlu pembuktian. Saat anda bergema bahwa anda adalah seorang Magister dalam bidang ilmu tertentu, anda harus siap dengan konsekuensi untuk menunjukkan bukti bahwa anda memiliki seberkas arsip yang menyatakan bahwa anda telah diizinkan untuk memakai gelar magister dari universitas yang anda ampu.

Contoh lain arsip pribadi adalah misalnya SKT (surat keterangan tanah) dan Sertifikat Tanah dan atau Rumah. Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, anda sudah tahu seberapa vital dan pentingnya jenis arsip diatas. Menekankan eksistensi bahwa anda memiliki rumah yang berdiri diatas sebidang tanah. Semua itu tertera dalam SKT dan atau Sertifikat.

Anda yang memiliki aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan banyak sekali menghasilkan catatan, rekaman, dokumentasi yang kesemua itu ditujukan terhadap pribadi anda maupun anda yang tergabung dalam sebuah kelompok dimana arsip yang dihasilkan adalah tentang kelompok anda tersebut serta arsip-arsip yang untuk anda sendiri atau bisa kita kenal dengan personal file. Semua arsip tersebut tercipta untuk informasi yang berguna untuk dikemudian hari nantinya saat inggatan kita telah diambang batas dan faktor lupa dan alpa yang manusiawi pada setiap manusia.

Andaikan pula jika anda orang yang berpengaruh dalam suatu lingkup daerah, baik itu kabupaten, provinsi atau bahkan dalam negara. Banyak sekali arsip yang akan tercipta sejalan dengan pengaruh yang anda miliki tersebut. Semua itu memiliki sisi arsip yang disebut arip pribadi.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dicontohkan untuk menjabarkan arsip sebagai memori pribadi, namun halaman ini kiranya tidak cukup untuk menjabarkan semuanya, akan tetapi saya pikir sedikit coretan yang saya buat ini bisa untuk memberikan pemahaman seputar arsip sebagai memori pribadi. Demikianlah dan semoga ada gunanya.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs