Motivasi Membuat Blog: Antara Idealis dan Monetisasi

Dasril Iteza - Motivasi Membuat Blog - Antara Idealis dan Monetisasi. Ini adalah artikel singkat dan saya memang tidak berencana ingin membuatnya menjadi panjang. Berbicara tentang blog memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Kalau dulu hanya ada website dan tentu saja tidak semua orang memiliki website (alasannya mungkin karena berbayar), akan tetapi dengan blog, semua orang bisa memilikinya dengan segala ke-gratis-an yang ada. Kalau saya boleh katakan, blog yang kita buat bukan hanya sebuah ruang online untuk iseng-iseng menulis tentang harapan anda, impian atau apa yang anda miliki hanya untuk sekedar “sarapan pagi” saja, bukan? Meskipun harus memasukkan "cerita" atau “curhat” anda sehingga pembaca dapat mengidentifikasi diri anda. Namun "cerita" atau “curhat” tersebut harus memiliki tujuan dan relevan dengan apa yang ingin anda capai dengan blog anda.

Ada jutaan blogger berikut hobbynya yang melakukan rutinitas ngeblog (blogging) setiap harinya. Anda dapat membuat sebuah blog dengan berbagai motivasi. Sedikitnya saya menemukan dua hal yang mendasari orang membuat sebuah blog. Sebuah blog tidak hanya berupa “buku diary online”, tapi juga ide kreatif anda untuk menjabarkan apa yang telah mengisi pikiran anda. Biasanya berisi hal-hal yang sesuai dengan bidang anda. No problem. Itu semua gratis dan ini adalah bentuk kebebasan!

Meskipun begitu, sebuah blog mungkin saja tidak hanya mengandung idelisme anda saja, mungkin juga ada berbagai hal-hal lain di sana. Sejarah cukup panjang tentang perjalanan dari sebuah blog sampai saat ini telah melahirkan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua orang. Semua fasilitas gratis.

Selain ideliasme, anda juga dapat menambah penghasilan (monetisasi) dari sebuah blog yang anda miliki. Ya, dengan mendaftarkan AdSense, apakah itu dari Google AdSense, atau jenis adsense lainnya. Saya rasa anda tahu jenis non-Google adsense. Juga jangan lewatkan program affiliasi seperti Amazon. Jadi dalam hal ini saya ingin mengungkapkan motivasi kebanyakan orang membuat blog adalah untuk menggabungkan antara ideliasme dengan monetisasi. Bukannya itu ide yang bagus? Anda tidak akan kehilangan idealisme dan sisi lain anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Hebat bukan?

Nah, apa motivasi dan komentar anda?

-------------------------------------------------------------------------------------



7 comments :

ayoenk Tuesday, April 27, 2010 at 2:00:00 PM GMT+7  

hi..salam kenal..mampir ke site aku ya..
www.monezhome.blogspot.com

h_8 Sunday, May 9, 2010 at 3:54:00 PM GMT+7  

salam.. belum niat monetisasi.
masih sepi

h_8 Sunday, May 9, 2010 at 3:54:00 PM GMT+7  

salam.. belum niat monetisasi,
masih sepi

kodzan Sunday, May 9, 2010 at 9:19:00 PM GMT+7  

Salam Juga...
Tapi setidaknya anda memiliki niat kan untuk memonetisasi blog anda dikemudian hari atau setidaknya pengunjungnya dah ramai seperti yang diharapkan, bukan?

makasih banyak krn dah berkunjung & komen!

mochi mysweety Thursday, July 15, 2010 at 11:39:00 AM GMT+7  

salam kenal yah, motivasi dari sang motivator....top lah

kodzan Friday, July 16, 2010 at 9:26:00 AM GMT+7  

Dear Mochi....
Wuuoookeeyyy.... Salam Kenal juga.... idealnya sesama blogger itu saling memotivasi satu sama lainnya, khan?

Dasril Iteza Saturday, March 16, 2013 at 8:38:00 PM GMT+7  

@h_8 ...

sekarang mungkin blog situ dah ramai, mungkin dah bisa monetize... atau bukan dak mungkin blog situ dah sering meraup uang :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs