“Citizen Journalism” Dalam Blog

Dasril Iteza - Anda semua tentu sudah paham dengan definisi blog. Blog adalah semacam buku diary online. Meskipun demikian, fungsi blog semakin hari semakin berkembang atau bervariasi dan tidak hanya sebentuk diary online tempat mencurahkan segala macam isi hati. Ingat kembali tulisan saya terdahulu tentang motivasi membuat blog.

Jika diperhatikan dengan seksama beberapa aspek yang ditampilkan dalam blog, salah satunya adalah berita atau informasi. Banyak sekali kalangan blogger menuliskan berita atau informasi yang berisikan pengalaman atau kejadian yang pernah dialami sendiri, namun dalam blog, hal tersebut tidak terbatas selalu berisi tulisan-tulisan yang sifatnya pribadi, banyak juga kalangan blogger memposting konten dalam blognya berisi berita atau pandangan pemiliknya terhadap suatu kejadian.


Sebentuk blog dapat berisi beragam topik yang menarik. Hal ini merupakan suatu kewajaran karena setiap orang (blogger) memiliki latar belakang ketertarikan yang berbeda-beda. Dalam blog, blogger bisa membuka kesempatan untuk mempromosikan diri dan menyampaikan pikiran kepada public. Beberapa blog (mungkin pernah anda temui) bahkan memasukkan topik berita dalam perspektif jurnalistik. Nah, blog-blog semacam inilah yang memunculkan istilah “citizen journalism”. Artinya, siapa saja bisa menuliskan berita tentang kejadian yang dilihat atau dialami sendiri dalam blog miliknya.

Kenapa harus ada Citizen Journalism?

Diyakini banyak pihak bahwa cikal bakal citizen journalism berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 2004, saat dilangsungkannya pemilu untuk memilih Presiden Amerika. Dua calon yaitu Bush dari Partai Republik dan Kerry dari Partai Demokrat bersaing ketat. Banyak masyarakat Amerika yang bosan dengan berita-berita yang disampaikan oleh koran-koran, karena koran-koran dikuasai oleh partai-partai tersebut. Akhirnya, dari mana mereka-mereka tersebut memperoleh berita dengan perspektif yang berbeda? Dari blog!

Anda semua yang pernah mengalami atau menyaksikan secara langsung suatu kejadian, kemudian anda merangkainya dalam bentuk tulisan dan mempostingkanya kedalam blog anda – karena anda berpikir – apa yang telah saya saksikan atau alami secara langsung memiliki bobot yang bagus untuk disampaikan kepada publik, sedikit banyaknya inilah yang disebut sebagai citizen journalism dalam blog. Sedikit banyaknya juga anda telah berperan dalam jurnalisme. Ingat pula tulisan saya terdahulu tentang komunikasi dan jurnalisme. Anda bisa memulai suatu proses pengelolaan informasi yang menarik minat khalayak dari peliputan yang anda lakukan sendiri hingga penyebarannya kepada masyarakat (publik). Posisi blog (internet) sebagai media penyebaran berita atau informasi dimana publiklah yang menjadi “airnya”.

Dengan membangun sebuah blog dan menyampaikan berita dalam perspektif berbeda akan mendorong orang banyak (pembaca) untuk berkontribusi dalam sebentuk komentar yang menanggapi berita atau informasi yang dianggap menarik dan bisa menjadikan sebagai ajang diskusi antar blogger atau publik non-blogger.

Jika demikian setujulah kiranya kita semua dengan apa yang di deskripsikan oleh Mark Glaser (2006), seorang wartawan lepas yang sering menulis tentang isu-isu media baru:

The idea behind citizen journalism is that people without professional journalism training can use the tools of modern technology and the global distribution of the Internet to create, augment or fact-check media on their own or in collaboration with others. For example, you might write about a city council meeting on your blog or in an online forum. Or you could fact-check a newspaper article from the mainstream media and point out factual errors or bias on your blog. Or you might snap a digital photo of a newsworthy event happening in your town and post it online. Or you might videotape a similar event and post it on a site such as YouTube”.

Lihat juga Wikipedia karena ada beberapa tulisan dari saya diatas mengutip dari situs tersebut dan jangan lupa tinggalkan komentar anda sekalian…

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs