Google Analytic, Kemampuan dan Plus Minus-nya

Dasril Iteza - Sebagian atau semua pemilik situs baik website atau blog sudah barang tentu ingin mengetahui betapa pentingnya data visitors untuk tingkat popolaritas website atau blog tersebut. Apalagi bagi anda pemilik situs atau blog yang jenisnya toko online atau yang bersifat komersial. Ini bisa diartikan bahwa lebih dari sekedar kepopuleran. Para pemilik blog atau situs komersil tersebut tentu saja ingin mengetahui siapa saja yang datang berkunjung, asal pengunjung tersebut dari mananya. Utuk mengukur hal tersebut, Google mempunyai aplikasi bernama Google Analytic.

Apa itu Google Analytic? Pada prinsipnya adalah sebentuk layanan analisis bebas biaya, setelah sebelumnya terdapat syarat batas minimum halaman minimum yang telah dilihat atau page per view dari situs atau blog yang hendak diisi. Jika anda memiliki akun Google AdWords yang aktif, Google Analytic bisa diefektifkan secara penuh dan bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Google Analytics akan memonitor laporan anda dan secara otomatis memberitahu Anda tentang perubahan signifikan dalam pola-pola data. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, anda hanya perlu memiliki akun Google.

Sejarah singkat

Pada tahun 2005 - tepatnya tanggal 28 Maret – Google membeli Urchin, yaitu sebuah perusahaan pembuat aplikasi analisis website terkemuka. Begitu diambil alih, Google menurunkan harga aplikasi dan bahkan pada akhirnya, google bahkan menyediakan layanan gratis khusus bagi pengguna skala kecil dan menengah. Persayaratan seperti pembayaran minimum pada layanan Google AdWords atau batas jumlah page per view yang harus didapatkanpun sudah tidak berlaku lagi.

Plus Minus Google Analytic

Apakah sekarang website anda telah memakai layanan dari Google Analytic? Jika jawaban adan adalah “ya” ini artinya anda mempercayai layanan tersebut. Namun perlu anda ketahui, informasi yang beredar dilur sana menyatakan bahwa ada plus dan minus seputar layanan ini. Nilai plus-nya, kalau semakin besar informasi yang dapat dikumpulkan oleh analisis Google, ini berarti tentu hasilnya akan semakin baik. Jika demikian, pada akhirnya Google akan membantu penggunanya untuk menemukan informasi yang dicari secara tepat. Dengan analisis yang tepat statistic pengunjung yang datang serta halaman situs yang sering dibuka dapat diketahui. Akan hal ini, Google sangat memahami sekali dan terus menyempurnakannya lewat apa dan bagaimana informasi ini dicari oleh para pengunjung.

Sedangkan nilai minus-nya, biar bagaimanapun tepat dan akuratnya suatu layanan, masih ada orang yang tidak percaya dengan metode analisis dari Google ini, khususnya bagi pengguna yang lebih kritis. Hal ini wajar, karena pada dasarnya mereka membutuhkan informasi yang terbuka. Sedangkan Google Analytic hanya mengkompilasi informasi yang dibutuhkan lewat aplikasi analisisnya saja. Bagi mereka yang tahu bagaimana cara menentukan kata-kata yang menarik dan cara menentukan promosi marketing (pemasaran) yang tepat, mereka cenderung untuk lebih menggunakan iklan. Cara ini terbukti masih efektif, meskipun harus dengan mengalokasikan dana pemasaran dalam jumlah tertentu.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

arif wachyudin Monday, July 19, 2010 at 2:10:00 AM GMT+7  

nice article..! thanx..

Dasril Iteza Tuesday, January 10, 2017 at 9:39:00 PM GMT+7  

sama2 gan, semoga bermanfaat

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs