Tips Menemukan Beasiswa Lokal dan Internasional

Banyak perguruan tinggi, universitas, organisasi swasta dan pemerintah memberikan penghargaan berupa beasiswa atau dana pendidikan bagi siswa internasional. Ada berbagai macam beasiswa tersedia bagi siswa internasional. Jadi bagaimana kita tahu atau bagaimana kita bisa menemukan beasiswa yang tepat bagi kita dan dimana menemukan itu semua?

Kadang mencari beasiswa bukanlah perkara yang mudah, terutama dalam hal mencari pendanaan untuk program studi tertentu atau universitas. Tips berikut ini mudah-mudahan akan membantu kita semua dalam mengumpulkan informasi beasiswa yang dibutuhkan. Setidaknya ada beberapa tempat yang bisa kita jadikan untuk ajang pencarian info beasiswa.

Tempat pertama buat kita untuk untuk bertanya masalah beasiswa adalah International Office atau program internasional di universitas. Katakakanlah misalnya kita sedang mencari informasi besasiswa untuk tahun depan maka kita mesti mengumpulkan informasinya pada tahun ini setidaknya sebelum kita memutuskan untuk masuk. Karena penerimaan beasiwasa internasional tunduk pada proses visa dan oleh karena itu beasiswa ini diumumkan satu tahun sebelum sesi dimulai dari universitas penyelenggara.

Tempat terbaik kedua buat kita untuk mencari beasiswa spesifik adalah dengan meminta sekretaris departemen kita atau program atau fakultas dimana kita mendaftar untuk masuk. Kekuranggannya, departemen beasiswa biasanya tidak diumumkan di papan informasi beasiswa. Informasi ini umumnya beredar secara internal, tapi banyak juga terbuka untuk siswa internasional. Jadi jangan malu dalam menanyakan pada departemen atau fakultas terkait apakah ada beasiswa yang tersedia bagi siswa internasional.

Tempat terbaik ketiga untuk mencari beasiswa tertentu adalah Departemen Pendidikan milik pemerintah. Sebagai contoh jika anda mendaftar untuk beasiswa di Inggris kemudian mencari website British Council dinegara sendiri. Ketika mengajukan permohonan untuk beasiswa di Amerika Serikat dari India kemudian mencari USEFI atau website yang serupa, dan jika menerapkan di Jerman, kita bisa mengakses website DAAD. Namun, Jika kita tidak dapat menemukan website yang terkait, hal ini bisa dikendalaikan dengan kita memeriksa website kedutaan mereka di negara kita. Website-website kedutaan besar tersebut umumnya memiliki informasi tentang program beasiswa khusus untuk siswa internasional.

Tempat terbaik keempat buat kita untuk mencari beasiswa adalah untuk mencari yayasan yang menawarkan beasiswa bagi siswa internasional. Misalnya Rotary Foundation menawarkan Beasiswa Ambassadorial, Rhodes menawarkan Beasiswa Rhodes, Yayasan Gates menawarkan Bill & Melinda Gates Foundation Scholarships, Rolex yang menawarkan Rolex Awards Scholarships dan masih banyak lagi saya kira.

Tempat terbaik kelima buat kita dengan mengakses situs-situs penyedia informasi beasiswa. Situs-situs ini umumnya berdiri sendiri dan ada yang berupa direktori yang tidak terikat dengan pemerintah, kedutaan, atau yayasan-yayasan tertentu. Diinternet kita bisa menemukan banyak sekali website penyedia informasi beasiswa. Meskipun pada kenyataannya cara ini bisa jadi meupakan cara utama yang banyak dilakukan oleh orang-orang dalam pemenuhan info beasiswa lokal dan internasional.

Dan sebagai tambahan bagi anda semua pencari informasi beasiswa luar negeri, khususnya ke Jepang, The Japan College of Rheumatology (JCR) 2011 International Scholarship barus saja melucurkan informasi tentang beasiswa internasional.

Mudah-mudahan ada gunanya.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs