Simbiosis Mutualisme: Publisher AdSense Membantu Advertiser Dalam Menyebarkan Iklannya

Google memang banyak dihuni oleh orang-orang cerdas dan kreatif dan Google sendiri tentu memiliki cara-cara dalam memasarkan beragam produknya. Sebelum munculnya AdSense (http://www.google.com/adsense), para sponsor Google hanya dapat beriklan pada situs pencariannya saja, sekarang ini iklan dari para sponsor tersubut bisa muncul dimana saja baik itu di website bahkan di blog gratisan. Sadar atau tidak, para publisher adsense memiliki andil yang sangat besar dalam penyebaran iklan-iklan dari para sponsor atau advertiser.


Pada beberapa situs non-Google atau blog gratisan, iklan dari para sponsor atau advertiser bisa muncul dan program inilah yang dinamakan Google AdSense. Namun, para advertiser perlu bergabung dalam pembuatan iklan dan program ini dinamakan AdWords (http://www.google.com/adwords).

Sekarang ini, sebagian besar pemilik website dan blog bukan hanya tidak keberatan jika sebagian dari halaman website atau blognya “dihiasi” oleh iklan-iklan Google (ads by google), mereka terkadang berlomba untuk memasangnya di website atau blog yang dimilikinya. Namun ini bukan karena merupakan bentuk kebanggaan pada Google (saya yakin bukan juga fans berat Google) atau bahkan bukan karena alasan iseng-iseng belaka, akan tetapi alasan sesungguhnya adalah karena ada imbal balik dari para Advertiser melalui Google. Inilah yang disebut sebagai hubungan simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan. Bagi para advertiser dengan banyaknya website atau blog yang berpartisipasi dalam program Google AdSense, ini akan membuka peluang lebar bagi penyebaran produk-produk yang dimiliki oleh para adverstiser. Dan imbal baliknya bagi para publisher adalah mereka akan mendapatkan uang dari klik-klik iklan yang “mejeng” di website atau blog mereka. Coba kita bayangkan jika Google tidak memiliki program Google AdSense dan Google AdWords serta bagi para pemiliki website atau blog mungkin hanya sekedar ajang untuk memberikan informasi secara cuma-cuma.

Dengan melalui program Google AdSense setiap orang bisa memiliki kemungkinan untuk menjadi agen iklan Google. Dengan menampillan iklandari sponsor atau advertiser Google, setiap pemilik website atau blog gratisan memiliki kesempatan untuk meraup dolar jika sesuai dengan syarat dan ketentuan yang disetujui oleh Google, yang salah satunya jika iklan tersebut dibuka oleh mereka-mereka yang mengunjungi website atau blog yang berisi iklan Google (ads by google)!

Jika kita telah memiliki website atau blog yang terintegrasi dengan Google AdSense, hubungan simbiosis mutualisme barulah bisa terjadi. Pengiklan atau advertiser diuntungkan dengan publisher yang menyebarkan informasi tentang keberadaan suatu situs atau produk, dan keuntungan yang dimiki oleh publisher adalah lewat Google, advertiser akan membayar kita apabila iklan mereka di klik (atau dibuka) oleh pengunjung yang mengunjungi website atau blog publisher.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs