Orang Yang Tidak Ahli Dalam Teknik SEO Tidak Berhak Berbicara SEO

Dasril Iteza - Pernahkah terlintas dalam pikiran kalian tentang sebuah pertanyaan seperti judul diatas, yaitu : “Orang Yang Tidak Ahli Dalam Teknik SEO Tidak Berhak Berbicara SEO”? apakah memang benar bahwa mereka-mereka yang – katakanlah – tidak ahli masalah taktik atau teknik SEO lantas tidak berhak berbicara tentang Search Engine Optimization atau SEO? Saya yakin akan ada dua kubu kelompok jawaban, yaitu mereka yang mengatakan “setuju” dan mereka yang berkata “tidak setuju”.

Dalam ranah internet atau dipersempit dalam akivitas blogging atau ngeblog, semuanya sah-sah saja asalkan bukan hasil dari copas tuntas artikel taktik atau teknik SEO kepunyaan orang lain. Kalau memang hanya copas tuntas arikel orang lain, memang sudah selayaknya bisa kita vonis “tidak berhak”. Namun bagaimana kalau seandainya mereka-mereka ini atau kalangan blogger ini yang tidak ahli dalam teknik SEO justru berbicara dan atau menulis artikel di blog mereka tentang teknik atau taktik SEO padahal mereka ini bukan ahli dalam taktik atau teknik SEO? Kalau menurut hemat saya, ini menjadi sangat menarik! Saya ambil contoh. Misalnya saya yang bukan seorang ahli dalam taktik atau teknik SEO justru menulis tentang SEO sebagaimana layaknya mereka-mereka yang ahli atau mereka-mereka yang konsultan SEO.

Pengalaman yang cukup dalam mengelola blog tentunya akan membuat seseorang sedikit banyaknya akan memiliki keberanian dalam menulis artikel tentang taktik atau teknik SEO pada blog mereka. Disinilah kalau menurut saya pengembangan seseorang blogger dalam mengulas masalah SEO. Coba anda bandingkan dengan pertanyaan ini: “orang yang tidak ahli dalam blog tidak berhak untuk ngeblog”. Saya yakin, kebanyakan diantara kita bukanlah seseorang yang ahli dalam blog atau SEO, namun bukan berarti kita tidak pantas untuk disebut blogger dan melakukan aktivitas ngeblog atau tidak pantas untuk menulis dan mengulas masalah taktik dan teknik SEO.

Hal ini berlaku juga untuk peryataan-pernyataan lain, misal : “orang yang bukan dokter, tidak pantas berbicara masalah kesehatan”. Dalam batasan-batasan tertentu, orang awam seperti kita yang bukan dokter juga bisa sedikit banyaknya mengulas masalah kesehatan. Coba anda amati dilingkungan sekitar anda. Kita yang bukan seorang professor atau ahli dalam masalah hukum, kok bisa-bisanya mengeluarkan pernyataan tentang hukum yang berbobot? Kenapa ini semua bisa terjadi, bro/sis? Ini tentu juga berlaku seperti masalah SEO yang sedang kita bicarakan. Pengalaman-pengalaman serta pengamatan lapangan atau keterlibatan langsung dalam suatu persoalan akan membuat seseorang memiliki keberanian dalam berbicara atau mengulas suatu hal, terlepas dari gelar ahli atau tidak ahli!

Kembali ke topik, mereka-mereka itu yang menulis tentang taktik atau teknik SEO tersebut tidak lebih dari menterjemahkan artikel berbahasa asing, kemudian menterjemahkannya kedalam bahasa kita dan kemudian memodifikasinya sehingga jadilah artikel atau ulasan-ulasan tentang taktik atau teknik SEO, sehingga pada akhirnya artikel atau ulasan-ulasan tersebut menjadikan orang atau kalangan tersebut “ahli” dalam masalah taktik atau teknik SEO.

Sedikit kita melihat kebelakang tentang masuk dan berkembangnya internet di Indonesia ini. Saya bertanya kepada anda semua, kira-kira kapan pastinya Indonesia ini dimasuki oleh internet? Yang pasti Indonesia ini adalah sekitar satu atau dua dekade belakangan ini. Coba bandingkan dengan Amerika. Ini artinya ide original tentang taktik dan teknik SEO tersebut lahir dinegara yang setidaknya bukan dari Indonesia. Bukankah ini pantas kalau kita katakan bahwa kita yang membahas dan mengulas taktik atau teknik SEO itu tidak lebih dari menterjemahkan, kemudian memodifikasinya? Kalaupun kita memodifikasinya, sudah sejauh mana “ahli-ahli” SEO Indonesia melakukan hal tersebut sehingga hal ini menjadikannya sebagai ide orisinil orang Indonesia sendiri? Coba anda cek di internet dan bandingkan!

Kesimpulannya?

Yang pasti disini saya akan menyerahkan kepada anda semua yang membaca opini saya ini perkara pantas tidaknya berbicara masalah taktik atau teknik SEO berdasarkan ulasan diatas dan saya yakin anda semua memiki argument-argumen yang berbeda satu sama lainnya.

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

Clever Society Tuesday, September 30, 2014 at 8:56:00 PM GMT+7  

Setuju sekaligus tidak setuju... saya sendiri tidak tau menau cara yang benar untuk optimasi SEO dan saya sendiri tau diri dengan tidak membahas artikel-artikel tentang optimasi SEO. Tetapi apa salahnya jika seseorang yang memang belum tau betul tetapi membahas SEO di blognya? Niat mereka untuk belajar dan berbagi ilmu apa yang mereka pelajari. Toh apa yang ada di blog juga belum tentu benar.

Blog itu hanya media diskusi di Internet, jadi apapun artikel yang ada di blog tersebut jangan ditelan mentah-mentah. Harus dikaji dan didiskusikan dengan pengguna internet yang lain untuk benar-benar mengetahui kebenaran dari artikel tersebut....

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs