Cuil.com akan mati untuk selamanya

Blogger Belitung - Cuil.com adalah sebuah search engine yang dinilai kebanyakan kalangan akan mengalahkan Google Search Engine. Ini cukup berasalan karena Cuil.com didirikan oleh ahli search yang sangat dihormati. Suami istri Tom Costello dan Anna Patterson bergabung dengan Russel Power. Patterson dan Power adalah mantan ahli search Google. Costello adalah pendiri Xift. Ide postingan ini tidak sengaja sya dapatkan, karena awalnya saya ingin mendaftarkan URL blog saya ke Cuil.com. Namun apa yang saya dapatkan sungguh diluar dugaan, domain URL Cuil.com tidak bisa saya termukan. Saya mencoba mengetikan secara direct URL Cuil.com tersebut, namun tidak terkoneksi, ini bukan hanya satu atau dua kali namun beberapa kali saya coba.

Saya mencoba untuk “meminta bantuan” Google Search Engine akan eksistensi dari Cuil Search Engine tersebut, dan akhirnya saya menemukan informasi yang cukup mengejutkan dari Michael Arrington dari situs techcrunch.com, yaitu Cuil.com has gone offline atau cuil telah pergi alias offline. Arrington mengatakan tidak eksisnya cuil.com di percaturan search engine sebagai mana yang didengar dari para mantan karyawan cuil.com, ini bukan hanya offline sementara, ada kemungkinan cuil.com akan “mati” untuk selamanya. Karyawan tersebut mengatakan bahwa gajinya tidak dibayarkan pada beberapa pekan, dan para karyawan tersebut juga mengatakan bahwa mereka saat ini sedang mencari-cari pekerjaan baru.

Cuil.com diluncurkan pada sekitar mid 2008, namun pada Desember 2008 memiliki trafik yang kecil. Michael Arrington menyatakan dalam situsnya bahwa cuil.com saat ini memang sedang down.

Cuil.com pernah mengklaim bahwa bisa mengindeks halaman web secara signifikan lebih cepat dan lebih murah daripada Google. Cuil mengatakan kepada calon investor bahwa biaya pengindeksan mereka 1/10 dari Google, berdasarkan arsitektur pencarian baru dan metode relevansi. Dalam beberapa hal Cuil.com adalah kebalikan dari Powerset – sebuah mesin pencari yang difokuskan pada pengolahan natural language - yang memiliki biaya pengindeksan besar karena melakukan analisis kontekstual dalam setiap kalimat pada setiap halaman web. Oleh karena itu, harus lebih tinggi per halaman web dari Google. Namun kenyataan yang dihadapi oleh cuil.com sungguh diluar dugaan.

Mungkin kalian bisa mencobanya dengan memasukkan kata kunci “cuil” atau “cuil.com” atau "Cuil.com down" pada Google, Bing dan Yahoo tanpa tanda kutip dan lihat apa yang akan kalian temukan!

Info lebih lanjut:
  • http://techcrunch.com/2010/09/17/cuil-goes-down-and-we-hear-its-down-for-good/ 
  • http://www.crunchbase.com/company/cuil

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

ade Friday, November 12, 2010 at 7:20:00 PM GMT+7  

berita hangat neh bor.... menarik dan sangat mengesankan...
ngak nyangka cuil yang pernah sesumbar nyatanya bisa "Down"

posting mantab bro!

Dasril Iteza Friday, November 12, 2010 at 8:04:00 PM GMT+7  

bro ade,... benar sekali. awalnya diluncurkan dengan klaim akan mengalahkan Google.... kemudian beritanya hilang bak ditelan bumi hingga akhirnya muncul kembali dengan keadaan yang tidak mengenakkan...

thanks for comment!

Anonymous Tuesday, October 2, 2012 at 6:15:00 AM GMT+7  

Thank you, I have recently been searching for information about
this subject for a while and yours is the greatest I have came upon till now.
However, what in regards to the conclusion? Are you certain about
the source?
Check out my web blog :: beta codes

Dasril Iteza Wednesday, October 3, 2012 at 10:45:00 PM GMT+7  

on your address bar, pls type and enter "www.cuil.com", the answer is on your finger!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs