Google Oriented

Google, perusahaan yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page ini, sepak terjangnya selalu menjadi incaran, buruan media. Sebut saja baru-baru ini Google telah mengakuisisi metaweb. Google adalah salah satu mesin pencari atau Search Engine. Berkat ide Page dan Brin pulalah Google sekarang telah mengalahkan banyak pesaing-pesaingnya. Sistim pagerankyang mulanya bernama backrubmenjadi salah satu tolok ukur Google dalam melakukan perangkingan pada halaman hasil pencarian Google. Dan Pagerank ini pula lah telah banyak di adopsi oleh banyak mesin pencari.

Namun Google bukan hanya sekedar search engine, ada banyak sekali fitur jasa dan layanan yang dimiliki oleh mesin pencari ini. Namun pertanyaannya, mengapa harus Google? Sesuai dengan nama judulnya saja Google Oriented, disini semua yang saya tulis semua mengacu pada Google. Kembali pada pertanyaan, mengapa harus Google?

Jika dari segi Search Engine, maka Google adalah mesin pencari yang paling dominan yang banyak dipergunakan oleh penduduk planet Bumi ini untuk mencari informasi yang relevan sesuai yang dibutuhkan, sesuai dengan keywords yang diinput. Oleh karena itu belakangan ini kita sering mendengar istilah Googling, Mbah Google dsb.

SEO, banyak webmaster maupun blogger yang berusaha untuk mempresentasikan situs atau blog mereka agar mendapatkan lalu lintas yang mengarah kepada situs atau blog-nya. Saking populernya, bahkan banyak kalangan yang menulis artikel maupun buku yang berjudul kurang lebih seperti ini: “Menjadi Nomor 1 di Google” (kebalikan dengan saya yang malahan menulis artikel “Tidak Perlu Menjadi Nomor 1 di Googe”). Namun, mengapa mereka tidak menulis – misalnya – “menjadi nomor 1 di Bing”, atau “menjadi nomor 1 di Yahoo”? ini membuktikan bahwa – terlepas Google adalah search engine dominan – ada kesan Google Oriented disini.

AdSense, siapa tidak ingin Ngeblog sambil menghasilkan uang dengan blognya? Google menjawab hal ini dengan meluncurkan program Google AdSense. Sama dengan SEO diatas, AdSense ini banyak sekali kalangan yang mengulasnya, entah itu tips trik alami maupun trik jalur hitam untuk mendongkrak penghasilan AdSense.

Gmail (Google Mail), fasilitas email gratis dari Google ini memang banyak sekali manfaatnya. Hanya dengan satu akun Google Email, anda bisa login mengakses banyak sekali fitur layanan dari Google. Bahkan untuk mengakses akun AdSense anda dibutuhkan akun Gmail, bukan? Anda tidak akan pernah bisa mendaftar AdSense dengan menggunakan akun email diluar Gmail!

AdWords, merupakan terobosan metode periklanan dari Google. Google AdWord sedikit banyaknya telah meruntuhkan hegemoni bahwa iklan hanya bisa berbentuk manual seperti spanduk yang ditempel dipinggir jalan, dipusat kota dll. Yang pasti Google dengan AdWords-nya telah membuat sistim periklanan tidak perlu mengeluarkan ongkos mahal. Para advertiser hanya akan membayar begitu ada yang mengklik iklan mereka.

Blogger atau Blogspot, adalah alat ngeblog gratis. Blogger sudah tidak berdiri sendiri, Blogger sudah menjadi milik Google. Apakah blog anda menggunakan platform blogger?

Saya pikir ini adalah sebagain kecil mengapa banyak orang yang Google Oriented. Terlepas dari apapun motifnya, Google adalah fenomena yang telah menjadi magenet bagi banyak kalangan.

Bagaimana pendapat kalian?




-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs