Meningkatkan Traffic dengan Social Bookmarking

Banyak blogger memanfaatkan serta mengandalkan fasilitas social bookmarking untuk meningkatkan traffic blognya. Pertanyaannya apakah cara ini bisa dibilang efektif? Kalau menurut saya jawabannya adalah fifty – fifty! Mengapa demikian?

Beberapa hal berikut ini mungkin akan mengulas potensi social bookmarking yang digunakan untuk meningkatkan traffic blog/ website. Beberapa potensi yang dimiliki oleh social bookmarking adalah:
  • Semakin banyak backlink pada website social bookmarking yang mengarah kepada blog kita, maka peluang untuk peningkatan traffic blog juga akan semakin meningkat. Diinternet ada banyak tool yang yang membantu kita untuk men-submit URL blog kita ke puluhan atau mungkin ratusan situs social bookmarking hanya dengan sekali klik.
  • Topik yang kita submit tidak hanya bisa dilakukan pada pada situs penyedia layanan social bookmarking saja, namun bisa juga untuk website bertipe web 2.0 seperti facebook.
  • Sharing tool yang tersedia diinternet (baik gratisan maupun berbayar) yang dapat mengarahkan halaman blog kita ke social networking atau social bookmarking. Sharing tool yang popular dan banyak digunakan adalah button dari situs AddThis.Com. keuntungannya, fasilitas ini tidak hanya kita yang bisa melakukannya, tapi bisa juga dilakukan pengunjung lain yang mungkin tertarik dengan topik yang yang diulas, dapat mempergunakan fasilias ini.

Dengan memanfaatkan social bookmarking merupakan cara yang sering digunakan dalan teknik SEO dan jika kita ingin mencoba mencari dan meningkatkan traffic dengan social bookmarking, mungkin beberapa poin berikut ini bisa berguna:
  1. Buat topik atau artikel yang menarik; 
  2. Dengan mengemas topik atau artikel tadi sedemikian dan semenarik rupa sehingga banyak yang akan tertarik dan mensubmitnya ke social bookmarking; 
  3. Bagi postingan yang disertai images, sertakan deskripsi dan keywords untuk images tersebut sehingga bisa diindeks oleh mesin pencari seperti Google Images; 
  4. Jika blog kita berbahasa Inggris, submit ke situs social bookmarking yang berbahasa Inggris yang populer seperti Digg.com dan untuk berbahasa Indonesia coba juga untuk submit ke situs social bookmarking Inonesia yang popular misalnya lintasberita.com. khusus buat saya, saya pernah memiliki pengalaman yang bagus saat men-submit suatu artikel ke lintasberita dan mendapatkan traffic yang sangat luar biasa. (khusus untuk lintasberita, tips dan triknya dapat anda baca disini). 
  5. Manfaatkan juga facebook dan twitter untuk mendapatkan backlink; 
  6. Pasang widget seperti AddThis.Com, sehingga bukan cuma kita tapi juga orang lain yang tertarik akan men-submit topik menarik kita dengan sendirinya.
Kembali pada paragraph pertama diatas, bahwa dengan social bookmarking bisa meningkatkan traffic, namun kunci untuk mendapatkan traffic yang tinggi adalah topic atau artikel kita harus manarik. Jika sudah demikian, bukan Cuma kita yang men-submitnya, namun orang lain juga bisa menyebarkan artikel kita yang menarik tersebut dengan fasilias sharing tool missal yang dimiliki oleh AddThis.Com. Logikanya, mana ada orang yang mau menyebarkan artikel atau informasi yang tidak menarik, bukan?

Semoga beberapa hal diatas, bisa membantu kita semua yang sedang mencari, membangun dan meningkatkan traffic!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs