Ikan Arapaima si Ikan Ampong

Ikan Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat ikan Arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain [Wikipedia].



Saat mengunjungi Museum Tanjungpandan Belitung beberapa hari yang lalu saya menemukan ikan Arapaima ini yang sudah mengeras alias diawetkan. Menurut apa yang di deskripsikan pada Ikan Arapaima ini, bahwa ikan ini dipercaya masih memiliki habitat di Pulau Belitung, tepatnya di Sungai Lenggang, Kecamatan Gantung. Seperti yang telah diketahui, sunggai lenggang merupakan sungai terbesar di Belitung. Cukup heran kalau buat saya karena ikan ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya di Sungai Amazon.

Masyarakat Belitung menyebut ikan ini sebagai Ikan Ampong atau Ikan Buaya, dikarenakan ikan ini tipe ikan ganas pemangsa daging.



-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Setiyo Prajoko Wednesday, December 8, 2010 at 7:39:00 PM GMT+7  

info bermanfaat kalau seandainya ini benar? timbul pertanyaan bagaimana pola penyebarannya... padahal habitat aslinya di amazon?

salam kenal
guru biologi

Dasril Iteza Wednesday, December 8, 2010 at 8:09:00 PM GMT+7  

Salam kenal juga Pak Guru Biologi Setio Prajoko.....

ini mungkin hanya pendapat saya saja.. bahwa migrasi yang panjanag (dan "melelahkan") dari hewan ini pada akhirnya sammpai pada Sungai Lenggang di Belitong...

saya pun penuh heran sebagaimana pak guru, namun kalau anda memiliki waktu, cobalah datang ke museum belitung dan temukan deskripsi yang detail tentang ikan ini...

fennil Tuesday, September 4, 2012 at 12:23:00 PM GMT+7  

Penejelasan yang salah...ikan arapaiman yang ada di belitung adalah ikan milik kolektor yang mati dan di keraskan...ikan ampong bukanlah ikan arapaima yang dimaksud..ikan ampong adalah sejenis gabus berukuran besar...berwarna kemerahan dan bermotif batik seperti toman...ikan ini skrg mungkin sudah langka dan walaupun ada hanya di sungai lenggang dan sungai buding belitung timur..dan ikan arapaima yg di hebohkan beberapa waktu lalu adalah ikan milik seorang pengusaha yang mati kekeringan air ikan itu di serahkan kepada seseorang lalu di hebohkan bahwa ikan itu di peroleh dari hasil memancing di sungai air raya...jelas sekali berita itu adalah bohong...mengingat sungai tersebut merupakan sungai dangkal dan tercemar kimbah tambang..sementara ikan arapaima tidak akan mampu bertahan hidup di air seperti itu..

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs