Mendapatkan Link Berkualitas

Adalah sebuah pekerjaan yang cukup berat untuk mendapatkan link berkualitas terutama buat kita-kita yang masih pemula (newbie) ini. Rendahnya trafik yang dimiliki oleh blog kita memiliki pengaruh yang signifikan buat perjalanan blog kita nantinya dikemudian hari. Namun hal ini bukan berarti blog kita akan tenggelam oleh blog-blog mereka yang sudah master, perlunya berbagai usaha (yang bersih tentunya) untuk mendapatkan link-link berkualitas sehingga bagus untuk SEO dan sebagainya.

Tulisan ini hanyalah sebentuk tulisan sederhana tentang cara untuk mendaptkan link berkualitas yang kalu saya cermati sangat jauh kalau dibandingkan dengan tulisan-tulisan yang membahas hal serupa yang telah banyak anda baca dari blog-blog master yang sudah berpengalaman dalam mendatangkan sekumpulan link yang berkualitas. Intinya tulisan ini merupakan sekumpulan pengamatan saya sebagai newbie dalam dunia ngeblog tentang bagaimana caranya mendapatkan link yang berkualitas, setidaknya oleh mesin pencari link tersebut dianggap berkualitas!

Tulisan ini muncul sebagai pelengkap dari tulisan saya terdahulu yang berjudul SEO Backlink dimana pada tulisan tersebut ada seorang rekan blogger yang memberikan masukan terhadap cara mendapatkan link yang berkualitas.

Beberapa point berikut ini mungkin bisa sama-sama kita pergunakan dalam rangka mendapatkan link-link yang berkualitas:

Tukaran Link. Mengikuti kebiasaan para blogger, tukaran link sering dilakukan dalam mendapatkan link yang berkualitas. Apalagi jika link blog kita tersebut tertanam pada blog atau situs yang popularitas serta page rank-nya diatas blog kita.

Social Bookmarking. Dengan semakin banyaknya blog-blog yang bermunculan, maka situs-situs social bookmarking juga ikut muncul. AddThis.com adalah salah satunya. Dengan memasang script situs tersebut pada blog kita, kita dan orang lain bisa mem-bookmark blog kita untuk disebarkan laksana virus. Cara ini memang bukan hal yang mudah. Kita hanya bisa berharap agar ada orang banyak yang mem-bookmark blog kita dan menyebarkannya. Semakin banyak yang mem-bookmark, maka link yang akan datang ke blog kita ini bisa disebut link yang berkualitas. Kita juga bisa menggunakan social bookmarking local seperti lintasberita.com.

Artikel Submission. Ini juga penting dilakukan agar blog kita mendapatkan link yang berkualitas. Ada banyak situs Artikel Submission yang bisa dimanfaatkan dalam rangkan mendatangkan link berkualitas, sebut saja misalnya Ezinearticles.com, GoArticles.com dsb. Jika ingin mendapatkan link, setelah anda men-submit, jangan lupa untuk menaruh link URL blog anda sehingga orang lain yang membaca artikel kita akan tergerak hatinya untuk mengetahui anda (blog anda) lebih jauh.

Komunitas Blog. Dengan bergabung pada komunitas blog (seperti blogcatalog, technorati dsb), kita berpeluang untuk mendapatkan link yang berkualitas.

Open Directory Poject (ODP). Memang bukan merupakan hal yang wajib hukumnya. Namun jika blog kita bisa terdaftar di ODP ini maka link yang akan blog kita dapatkan adalah benar-benar link yang berkualitas. Beralamatkan di dmoz.org, ODP ini merupakan direktori dan landasan hirarki Google. Meski sulit, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Link Hadiah. Untuk bisa terdaftar di dmoz.org (ODP) mungkin bisa dikatakan sangat sulit, namun ada yang tidak kalah sulitnya yaitu apa yang disebut dengan link hadiah. Link hadiah adalah link yang kita dapatkan tanpa adanya unsur paksaan, jadi murni karena orang lain menganggap blog kita sebagai blog yang berkualitas. Untuk mendapatkan link hadiah ini blog kita harus menjelma menjadi blog rujukan utama atau refensi. Dengan demikian, sendirinya link blog kita akan tertanam pada blog atau situs orang lain. Jika dapat link hadiah ini, maka 100% dikatakan link tersebut adalah link yang berkualitas.

Saya kita itulah sekelumit cara yang bisa dijadikan pelengkap informasi kita semua dalam mendaptkan link yang berkualitas. Semoga apa yang saya utarakan diatas bisa berguna untuk kita semua.

Happy blogging and get the quality links!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs