Ojek Payung

Hujan turun dengan lebatnya memang bisa memberikan berkah atau rezeki pada beberapa orang. Beberapa orang tersebut itu diantaranya para ojek payung. Hari Jumat (10 Desember 2010) lalu, Kota Bogor diguyur oleh hujan yang turun dengan lebat dan derasnya.


Selama tiga hari menjelajah di Kota Bogor, tepat pada hari ke-2 yaitu hari Jumat, perjalanan saya sedikit terganggu oleh lebatnya curah hujan yang mengguyur Kota Bogor. Sekitar jam 9 pagi, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Botani Square sekalian ada janji bertemu dengan rekan. Sekitar jam 11, saya berencana untuk keluar dari ruangan Botani Square, namun langkah saya tertahan oleh hujan yang sangat lebat dan saya pun berteduh dibawah teras pintu utama Botani Square.

Dibawah teras Botani Square ini saya melihat sebuah ironi. Sekumpulan anak-anak menawarkan jasa yaitu sebagai ojek payung kepada mereka-mereka yang membutuhkan perlindungan dari hujan.


Ironi yang saya lihat adalah sekumpulan bocah-bocah - yang menurut taksiran saya – berumur antara 7 sampai 12 tahun menawarkan jasanya sebagai seorang ojek payung yang semestinya duduk di bangku sekolah. Meskipun beberapa kali dibentak dan diusir petugas keamanan Mall setempat, namun itu semua tidak memupuskan nyali mereka untuk mendapatkan Rp.3000,- per satu kali layanan.


Apakah anak-anak Ojek Payung ini merupakan salah satu potret kemiskinan negeri ini? Andaikan ini memang sebentuk ironi kemiskinan di negeri ini, namun ojek payung tetap eksis seolah-olah mengharapkan kota Bogor hujan setiap harinya agar pemasukan tetap berjalan dan bertambah.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

metamorf21 Sunday, December 19, 2010 at 1:45:00 PM GMT+7  

kasihan juga yang mempunyai peran sebagai "ikon" ojek payung justru malah anak-anak usia sekolah...:(
Semoga mereka dapat terbantu dengan perhatian pemerintah...=D
mampir dong ke coretan21.blogspot.com

Dasril Iteza Monday, December 20, 2010 at 8:40:00 AM GMT+7  

begitulah.... memang kasihan dan sangat disayangkan.... umur seusia mereka seharusnya berada di bangku sekolah menuntut ilmu dan belum waktunya mencari uang! namun keadaan mungkin mengehendaki mereka melakukan itu....

oke nanti saya coba mampir, jadi tunggu aja ya....

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker