Google, Googling, Om Google dan Mbah Google

Siapapun sudah tahu apa itu Google. Ya, Google adalah mesin pencari atau search engine dan merupakan mesin pencari paling dominan yang banyak dipakai oleh pencari informasi di dunia maya diantara mesin-mesin pencari lainnya. Google lahir ide liar Bryn dan Page karena banyak pencari informasi diinternet menemukan informasi yang tidak relevan saat dimana mesin pencari kala itu dirajai oleh altavista.com. Ini karena ulah para webmaster masa itu yang memanipulasi mesin pencari dengan meta tag keyword yang mengakibatkan hasil pencarian jadi tidak relevan.

Berbekal dengan berbagai algoritma pencarian yang diantaranya adalah pagerank – semula bernama backrub, dan backrub ini pernah ditawarkan pada AltaVista dan Yahoo!, namun keduanya menolak – telah memaksa search engine dalam hal ini SEO untuk berkembang!

Berbicara tentang Google, maka jelas terlihat sekali sangat Google Oriented! Sehingga pada perkembangannya telah melahirkan berbagai macam istilah popoler dan familiar kita kenal dengan nama Googling, Om Google dan Mbah Google. Namun mengapa harus Google?

Mungkin ada jutaan alasan untuk menjawab mengapa harus Google.

Google adalah mesin pencari yang paling dominan oleh para pemburu informasi di internet. Saya bertanya kepada anda, jika anda mencari informasi di internet, mesin pencari yang mana yang menjadi andalan anda dalam mencari informasi yang relevan? Terkait hal ini muncullah istilah Googling.

Google tidak hanya mesin pencari. Ada banyak sekali fitur dan tool yang bisa dimanfaatkan, terutama bagi perusahaan, webmaster maupun blogger.

Tool-tool tersebut diantaranya adalah:

1). Google analytic. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan Google analytic yang memiliki kekurangan dan kelebihannya. Namun Google analytic tetap banyak dipakai terutama dalam kaitan analisa kinerja sebuah website atau blog.

2). Google Adwords. Merupakan program periklanan dari Google yang seolah-olah merupakan solusi bagi para advertiser dalam menerbitkan iklannya dan bagaimana iklannya bisa diketahui oleh orang banyak dengan biaya yang bisa disesuaikan. Coba bandingkan dengan perusahaan yang beriklan di pinggir jalan. Iklan tersebut hanya bisa dilihat oleh mereka-mereka yang melewati jalan tersebut. Namun dengan Google Adword, iklan para advertiser bisa dibaca oleh mereka-mereka yang hidup di benua lain tentunya dengan media internet!

3). Google AdSense. Google memberikan kesempatan buat siapa saja yang ingin mencoba membuat penghasilan dari internet. AdSense bisa dikatakan primadona yang banyak diburu oleh orang-orang seperti para blogger dalam usaha monetisasi blognya. Banyak sekali buku, artikel online, tutorial yang mengupas masalah tool Google yang satu ini. Dan di Indonesia, sering saya menemukan kata-kata ini: “akhirnya Om Google menerima blog saya berafiliasi dengan AdSense” dan “horeee… akhirnya cair juga earning pertama dari Mbah Googe AdSense”. Begitulah!

Apakah anda sudah memiliki akun Google AdSense?

4). Google Earth dan Google maps. Tool yang berguna sekali dalam meilihat bumi secara virtual dan cocok untuk menemukan lokasi bisnis, wisata dan tempat hiburan serta virtual travelling.

5). AdWords Keywords Tool, para blogger sering menggunakan tool ini dalam mencari saran untuk kata kunci yang akan diterapkan dalam membuat artikel-artikel nantinya. Tool ini bisa juga dipakai dalam meminta saran untuk keywords bernilai jual tinggi (high paying keywords), sehingga artikel-artikel yang dipublikasikan pada situs atau blog memiliki keywords yang high paying. Ini berkaitan dengan AdSense diatas.

Cukup demikian saja kiranya tentang Google, Googling, Om Google dan Mbah Google. Karena tidak mungkin bagi saya untuk menuliskan semuanya tentang Google dalam satu halaman postingan ini, ditambah lagi saya bukanlah seorang Google guys!

Jadi, bagaimana menurut kalian?

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs