Makam Keramat di Gunung Tajam

Gunung Tajam yang dalam bahasa Melayu Belitong diucap dengan “Gunong Tajam” merupakan, puncak tertinggi yang ada di Pulau Belitung, yang ketinggiannya adalah sekitar 500 meter. Faktanya, Gunung Tajam adalah sebuah bukit ketimbang sebuah gunung. Gunung Tajam berjarak kurang lebih 30km dari Kota Tanjungpandan – salah satu kota utama yang ada di Belitung dan juga merupakan Ibukota Kabupaten Belitung.

Ada sebentuk air terjun kecil di Gunung Tajam ini yang oleh penduduk Belitung sendiri menamainya Aik Terjun Gurok Beraye (Air Terjun Gurok Beraye)!


Disalah satu sisi puncak Gunung Tajam, ada sebuah makam yang dikeramatkan oleh masyarakat Belitong. Penduduk Belitong menyebut makam tersebut adalah makamnya Syekh Abdullah.

Syekh Abdullah sendiri menurut cerita yang diwariskan turun termurun pada masyarakat Belitong merupakan orang suci (mungkin setingkat Wali) yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Belitong!

Syekh Abdullah sendiri memiliki beberapa orang murid (menurut berbagai versi, muridnya berjumlah 9 orang). Saat sebelum meninggal, Syekh Abdullah berpesan kepada murid-muridnya agar jasadnya dimakamkan diantara bumi dan langit. Mayoritas murid beliau menjadi bingung dan tidak faham dengan perkataan yang dimaksudkan oleh Syekh Abdullah. Meski demikian, ada seorang murid beliau yang sangat cerdas. Murid cerdas ini memahami maksud perkataan dari sang guru. Dan saat sang guru wafat (Syekh Abdullah), sang murid yang cerdas tersebut akhirnya menyadari bahwa tempat yang disebut antara langit dan bumi tidak lain dan tidak bukan adalah tempat tertinggi yang ada di Pulau Belitong yaitu Gunong Tajam.

Tidak Cuma itu, hewan peliharaan Syekh Abdullah yang berupa kucing, juga mati setelah wafatnya Syekh Abdullah juga dikuburkan di samping makam sang Syekh!

Sekarang ini, banyak orang yang mengunjungi Makam Syekh Abdullah di Gunung Tajam untuk melakukan wisata ziarah serta hal-hal lainnya. uniknya, yang datang ke Makam Syekh Abdullah adalah mereka-mereka yang berasal dari luar Pulau Belitong!

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Robbi Cahyadi Thursday, September 14, 2017 at 9:20:00 PM GMT+7  

Assalamuaalakum wrwb....saya pernah ziarah ke makom syeh subhanallah bersyukur sekali bisa ziarah ke makom wali Allah yg telah berjasa besar menegakan agama islam di sana. Perjalanan yg mendaki melelahkan sekali, kunjungan pertama saya gagal naik sampai puncak karena kesorean bersama anak saya ryan umur 11 thn walau dia terus memaksa ingin sampai lokasi. Tapi saya pikir hari sdh mulai gelap saya takut ada apa2. Akhirnya saya mundur dgn niat akan dtg lagi. Alhamdulillah 2 thn kemudian saya bisa ziarah sampai lokasi makam syekh.saran yg ingin ziarah pake sepatu gunung atau sandal hiking. Jgn lupa bawa air minum dan ambil wudhu di dkt air terjun semoga bermanfaat selamat ziarah semoga barokah....amiin wassalam....roby tangerang

Dasril Iteza Saturday, September 16, 2017 at 2:06:00 PM GMT+7  

Waalaikumsalam wrwb...

alhamdulillah bang Roby, semoga ziarahnya sukses, amin!

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs