Belitung Timur: pesona surga bawah laut

Sebagai kesatuan dari Pulau Belitung dan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Belitung Timur akan menunjukkan kepada anda semua akan pesona surga bawah laut yang sangat mengagumkan dan sayang untuk dilewatkan terutama bagi para penyelam yang hobi akan diving atau snorkeling.

Dibawah ini saya akan memberikan informasi beberapa “surga” bawah laut yang memiliki sejuta pesona keindahan yang siap membuat anda semua terkagum-kagum…

Pulau Memperak, masih dalam area kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, merupakan pulau kecil yang memgelilingi Pulau Belitung dan memiliki karakteristik pantai berpasir putih bersih dengan air laut yang jernih membuat pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi serta melakukan aktivitas diving. Surga bawah laut disekitar pulau ini menyajikan keindahan keanekaragaman berjenis-jenis terumbu karang dengan berbagai variasi biota laut dengan tingat kedalaman sekitar 15 meter dibawah permukaan air laut.

Pulau Gusong Madau akan menunjukan kepada anda berbagai jenis terumbu karang yang menakjubkan dari jenis seperti sinulavia sp, Daedema sm serta Porites Lobata. Spesies terumbu karang ini bisa ditemukan oleh penyelam pada tingkat kedalaman menyelam kisaran 0-22 meter dan masih berlokasi di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Pulau Bakau merupakan jenis pulau kecil – satu dari sekian banyak pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Belitung – yang letaknya tidak begitu jauh dari Pulau Memperak yang disebutkan diatas. Dari namanya saja sudah jelas kalau Pulau Bakau ini dihuni oleh tanaman mangrove, akan tetapi, disamping itu juga memiliki spesies terumbu karang yang sangat indah seperti Acropora Hunulis dan Sinularia sp. Jenis terumbu karang indah indah ini bisa para penyelam temukan pada tingkat kedalaman menyelam 0-15 meter.

Pulau Siadong yang bagi kebanyakan para penyelam, dengan tingkat kedalaman menyelam sekitar 0-15 meter dapat ditemui berbagai jenis terumbu karang yang cantik-cantik seperti dari jenis Syphlifa sp.

Pulau Penanas dengan tingkat kedalaman menyelam sekitar 0-22 meter dan disamping itu membuat Pulau Penanas ini merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang terumbu karangnya tumbuh dan berkembang seperti jenis Porites Lutea. Tidak begitu lama untuk mencapai Pulau ini, hanya diperlukan waktu sekitar 30 menitan dari Manggar, Ibukota Kabupaten Belitung Timur.

Itulah beberapa surga bawah laut di Kabupaten Belitung Timur yang sejatinya masih banyak lagi dan mungkin pada kesempatan postingan yang akan datang saya akan mencoba untuk memaparkannya.

Jika anda memang hobi diving, mungkin beberapa “surga” diatas layak anda coba guna menambah pengalaman menyelam anda.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Anonymous Saturday, June 4, 2011 at 11:22:00 PM GMT+7  

Di bulan apa yg paling bagus untuk snorkling d pulau2 tsb?

Dasril Iteza Sunday, June 19, 2011 at 1:37:00 AM GMT+7  

nyaris setiap waktu boss, namun jika ingin bertemu bule2, datanglah ke Belitong awal oktober nanti karena bertepatan dengan sail wakatobi - belitong 2011, mungkin anda bisa snorkeling dengan bule2 tersebut! gimana?

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs