Bing Webmaster Tools sebagai salah satu cara optimasi SEO Webmaster Center Bing Search Engine

Dasril Iteza - Google mungkin merupakan search engine paling dominan digunakan oleh netter yang ingin mencari informasi di jagat maya. Namun, search engine tidak hanya ada Google semata, ada Bing dan juga Yahoo!. Setidaknya ketiga search engine diatas adalah masuk dalam tiga besar (The Big Three) yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Namun, ranah pembahasan kali ini adalah menggunakan Bing Webmaster Tools untuk target Bingers diseluruh dunia.

Mungkin saja diluar sana ada komunitas yang tidak menggunakan Google dalam mencari informasi diinternet karena berbagai alasan dan berterimakasih kepada Microsoft karena telah meluncurkan Bing Search Engine sehingga terbentuklah apa yang saya sebut komunitas pengguna Bing Search Engine alias Bingers!

Menurut Alexa, Bing merupakan salah situs yang paling banyak di akses oleh para netter, dimana rangking Bing.com ini menurut Alexa tersebut sampai tulisan ini saya posting berada pada urutan ke 21 dunia dan masuk 15 besar di negeri asalnya, Amerika!


Berkaca kepada kepopuleran Bing yang masuk urutan top situs dunia, sudah selayaknya kita para blogger memanfaatkan bing ini untuk menuai traffic sebanyak-banyaknya.

Jadi apa yang mesti dilakukan agar situs kita diketahui oleh Bingers? Jawabannya adalah dengan mendaftarkan situs atau blog ke Bing Add URL! Cukupkah itu? Tentu saja masih kurang! Karena Bing memiliki fasilitas yang disebut Bing Webmaster Tools, sebagaimana yang dimiliki oleh Google. Jadi kita perlu mempresentasikan blog atau situs kita melalui Bing Webmaster Tools dan membuat sitemaps blog kita sehingga bisa di indeks dengan sempurna oleh Bing Search Engine!

Berikut ini langkah-langkahnya, dimana telah terbukti sukses untuk blog ini dan blog saya yang lain dan tinggal menunggu hasilnya saja di kedepan nanti.

1). Anda harus memiliki akun email produk Microsoft, misalnya email di Hotmail.com atau di Live.com.

2). Langkah berikutnya adalah akses alamat ini http://www.bing.com/toolbox/webmasters/ dan lakukan dengan mengklik tombol seperti gambar dibawah ini.


3). Login dengan akun hotmail.com atau live.com anda.


4). Setelah berhasil login, maka kita akan dihadapkan pada halaman HOME dimana ada fasilitas untuk menambahkan situs (Add Site) klik tab Add Site tersebut. Setelah situs atau blog anda berhasil ditambahkan, maka situs atau blog tersebut akan terlihat seperti gambar dibawah ini


5). Sampai disini pendaftaran URL blog atau situs bisa dikatakan berhasil. Namun, masih ada satu lagi untuk kesempurnaan crawler bingboot mengindeks situs atau blog kita yaitu kita mesti menambahkan sitemaps.

7). Untuk menambahkan sitemaps, anda klik tab Crawl yang terletak diantara Dashboard dan Index. Pada bagian sisi kiri anda akan melihat tiga menu utama yaitu SETTING, CRAWL dan RESOURCES; dimana pada menu Crawl tersebut tersedia sub menu Sitemaps, klik sub menu sitemaps tersebut untuk menambahkan Sitemaps blog anda.


8). Kemudian klik link tab Add Sitemaps dan tambahkan sitemaps blog anda. sebagai contoh blog saya adalah http://kodzan.blogspot.com dengan sitemapsnya adalah feeds/posts/default??orderby=updated

Sehingga pada kotak Add Sitemaps yang harus diisi menjadi seperti ini:
http://kodzan.blogspot.com/feeds/posts/default??orderby=updated


Jika proses penambahan sitemaps tersebut sukses, maka status sitemap blog anda akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Dengan ditambahkannya sitemaps blog kita pada Bing Webmaster Tools, sejatinya merupakan tool untuk kemudahan bagi blog atau situs kita ditemukan oleh pengguna Bing Search Engine (Bingers), sehingga aliran traffic bisa berdatangan dari teknik SEO Bing Search Engine ini.

Dan bagi rekan-rekan yang membutuhkan panduan menggunakan Bing Webmaster Tools, semoga langkah-langkah yang saya paparkan diatas bisa sangat membantu!

Thanks!

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Igun Suka-Suka Thursday, August 18, 2011 at 2:24:00 AM GMT+7  

artikel nya keren keren sob,, makasih,, :)

salam kenal

wisata indonesia Friday, December 14, 2012 at 7:26:00 AM GMT+7  

info yang menarik sob

Dasril Iteza Friday, December 14, 2012 at 8:59:00 PM GMT+7  

@Igun Suka-Suka & @wisata indonesia....

Okeh makasih, lanjuuutt gannnn :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs