Spekulasi submit atau add blog URL ke Baidu.com dalam rangka menjaring traffic dari Negeri Tembok Raksasa

Menurut Alexa, Baidu.com merupakan salah satu situs search engine popular yang banyak digunakan oleh para netter, khususnya dari China. Menduduki peringkat 6 (enam) dunia dan nomor 1 (satu) di negeri asalnya, China! Dengan kata lain, popularitas Baidu.com di China melampaui Google.com dan Google.co.hk itu sendiri. Sepertinya, masyarakat Negeri Tirai Bambau ini lebih mempercayai Baidu.com daripada mesin-mesin pencari Amerika seperti Google atau Bing!

Melihat tingkat poularitas Baidu.com dimata dunia dan khususnya China, adalah sayang kalau kita sebagai blogger tidak memanfaatkan Baidu.com sebagai salah satu sumber traffic. China merupakan negeri industri baru, memiliki populasi penduduk diatas 2 (dua), merupakan ladang potensial dalam membangun traffic dari Negeri Piramida China ini.

Namun, ada banyak kendala dilapangan yang akan kita hadapi saat melakukan Optimasi SEO pada Baidu.com ini, misalnya kendala bahasa, karena Baidu.com menggunakan Bahasa Mandarin dengan huruf – yang kalau saya tidak salah bernama – Pinyin!

Mendaftarkan atau submit blog URL ke Baidu.com – meskipun kita sama sekali tidak paham Bahasa Mandarin – sangatlah mudah, namun kita akan kesulitan kalau hendak membuat sitemap. Instruksinya full menggunakan Bahasa Mandarin dengan huruf Pinyin. Saya telah mendaftarkan blog ini ke Baidu.com, namun saya masih kesulitan untuk membuat sitemap-nya. Saya berspekulasi hanya pada submit blog URL saja, dengan tanpa membuat sitemap demi kesempurnaan optimasi SEO pada Baidu.com.

Saat membaca di berbagai forum, saya menemukan banyak sekali keluhan, terutama oleh para blogger yang tidak paham sama sekali Bahasa Mandarin. Lebih lanjut juga mereka mengatakan apakah langkah optimasi SEO pada Baidu.com akan mendulang kesuksesan? Karena, masyarakat China pasti akan memasukkan keywords dalam huruf dan bahasa ibu mereka, bukan huruf latin. Berdasarkan hal tersebut, ada banyak blogger yang tidak paham Bahasa Mandarin, tidak mau ambil peduli dengan segala popularitas yang dimiliki oleh Baidu.com, ditambah lagi, rajanya mesin pencari adalah Google, jadi cukup optimasi SEO pada Google saja.

Pada kasus ini, saya lebih senang berspekulasi, karena orang China pasti membutuhkan informasi dari luar negeri mereka. Oleh karena itu mereka harus menginput keyword dengan huruf latin (misalnya keyword dalam Bahasa Inggris). Disinilah peluang kita untuk mendapat traffic dari Baidu.com. Persentasenya mungkin saja tidak sesuai harapan. Namun sekali lagi ini adalah spekulasi, karena kita tidak bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, kecuali hanya melihat statistic laporan blogger terhadap dari mana sumber traffic kita berasal!

Tata cara submit atau add blog URL ke baidu.com, telah saya publish. Namun saya belum bisa membuat langkah-langkah untuk pembuatan sitemap ke Baidu.com dan jika kalian ingin berspekulasi terhadap traffic yang mungkin saja akan datang dari Baidu.com, silakan ikuti petunjuknya disini.

Thanks!

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Cara Mudah Atasi Toilet Mampet Tanpa Harus Sedot WC Monday, April 6, 2015 at 1:51:00 PM GMT+7  

senang sekali bisa berkunjung ke blog anda
sangat menarik dan bermanfaat sekali
terimakasih banyak gan

Dasril Iteza Wednesday, April 8, 2015 at 11:52:00 AM GMT+7  

jika ada yang bermanfaat, silakan sedot aja infonya gan..... kalo memang ada yang bisa dibagi, maka akan sangat senang sekali rasanya bisa berbagi :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs