Memasang re-Captcha plugin untuk memblokir komentar spam

Spam, Spammer dan komentar spam adalah satu hal yang menjengkelkan bagi para pemilik blog. Berbicara masalah jengkel, sayapun demikian. Blog engine wordpress saya selalu dipenuhi dengan komentar spam. Terkadang hanya kurang 24 jam sudah terjaring lebih dari 100 biji komentar spam.


Meskipun saya menggunakan system moderasi komentar, saya tetap kewalahan menghapus manual satu demi satu komentar spam tersebut.

Wordpress memiliki akismet guna mengidentifikasi sebuah komentar itu spam atau bukan. Namun tetap saja kewalahan dalam menghapusnya apabila dibiarkan terlalu lama.

Akhirnya baru-baru ini saya menggunakan Plugin wp-recaptcha. Karena bot spammer dinilai masih efektif dan masih tidak bisa membaca tulisan/ text dalam captcha tersebut. Namun plugin ini terhubung dengan Google dalam hal API key-nya.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan Plugin Wordpress Re-Captcha, yang juga saya gunakan pada Blog Billiton Island milik saya.
  • Download Plugin di : http://wordpress.org/extend/plugins/wp-recaptcha/ 
  • Instal plugin Plugin Wordpress Re-Captcha tersebut 
  • Masuk ke Setting dan pilih Plugin Wordpress Re-Captcha dan carilah link untuk mendapatkan kode API Key dengan login menggunakan akun Google (gmail.com) anda. Terdapat 2 (dua) API Key yang diberikan Google. 
  • Kembali ke Setting plugin Re-Captcha, kemudian masukkan kedua kode API Key tersebut pada kotak yang telah disediakan. 
  • Lakukan beberapa langkah kustomisasi terhadap captcha tersebut sesuai dengan selera anda. 
  • Save!
Demikian langkah-langkah memasang plugin wordpress Re-Captcha, semoga membantu dalam menghindari komentar-komentar spam.

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

zakiul Saturday, November 10, 2012 at 8:58:00 AM GMT+7  

wah keren ni...lebih bagusnya kalau ditampilkan juga tampilan captcha-nya mas...

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker