Leiden: The Mecca of Indonesian Studies

Leiden merupakan kota kecil di Belanda. Belanda merupakan suatu negara di Benua Eropa yang erat kaitannnya dengan Indonesia, baik dimasa lalu hingga saat ini. Kota kecil bernama Leiden ini memiliki jumlah penduduk “hanya” sekitar 100 ribu jiwa.

Kota Leiden dilihat dari Google Earth dengan ketinggian mata 302 m

Kota Leiden sangatlah istimewa, karena di kota kecil ini banyak sekali tersimpan buku dan arsip-arsip tentang Indonesia. Disana tesimpan berbagai buku, naskah, brosur, pamflet, majalah dan koran tua, sketsa, peta, surat-surat, foto, rekaman audio-visual, dan lainnya yang terkait dengan masa lalu dan masa kini Indonesia.

Perpustakaan Universitas Leiden

Kekayaan khasanah arsip serta koleksi buku telah menjadikan kota kecil ini bagi kalangan ilmuan, peneliti, mahasiswa program master dan doktor menjuluki kota ini sebagai ‘The Mecca of Indonesian Studies’.

Terdapat universitas dan perpustakaan yang banyak sekali menyimpan buku-buku serta arsip-arsip tentang Indonesia. Adalah Universiteitsbibliotheek Leiden yang merupakan universitas tertua di Belanda didirikan tahun 1575, dan di Koninklijk Instituut voor Taal, -Land – en Volkenkunde yang sering disingkat dengan KITLV Leiden.

KITLV Leiden

Belanda adalah salah satu Negara yang sangat menghargai dan memiliki kesadaran tinggi terhadap arsip, dokumen, buku. Di Leiden, buku dan arsip/ dokumen tertata dengan baik dan dapat dengan mudah diakses bila diperlukan untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk ilmu pengetahuan sejarah.

Gunakan aplikasi Google Earth anda untuk melihat-lihat kota Leiden. Jika memang belum sempat untuk travel kesana, mungkin virtual travel melalui internet dengan Google Earth akan banyak memberikan informasi lebih jika suatu saat ingin kesana.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs