6 Cara agar Google tahu situs blog kita

Berbicara dan menuliskan artikel berlandaskan judul diatas yaitu bagaimana caranya agar Google (search engine) itu mengetahui keberadaan situs/ blog kita, mengingatkan masa-masa awal saya belajar membangun blog dan mencoba untuk memperkenalkan blog saya pada Google. Kendati sekarangpun tetap saja masih belajar dan terseok-seok jatuh bangun.

Sekedar menyegarkan kembali dan mudah-mudahan ada yang membaca tulisan sederhana ini, untuk hal sebagaimana judul artikel diatas, Bagi blogger-blogger yang baru saja membuat (membangun blog) sebebarnya Google sendiri telah memberitahukan cara agar situs blog kita diketahui oleh Google.

Lewat panduan umum webmaster yang telah diupdate 07/23/2011, jadi masih relevan disisa tahun 2012 ini, dibawah ini adalah 6 cara yang memastikan Google mengetahui situs blog kita:
  • Peta Situs (Sitemap). adalah cara terbaik untuk memberikan informasi tentang situs blog kepada Google, seperti seperapa sering halaman situs blog diperbarui, modifikasi terakhir terhadap masing-masing halaman, dan prioritas relatif dari halaman-halaman di situs blog kita. Saya tidak akan menjelaskan tutorial untuk membuat dan mengirimkan peta situs, karena Google sendiri telah memberikan tuorialnya. 
  • Hasil penelusuran Berita Google. Bila situs blog kita termasuk bermuatan berita, tentunya kita bisa, mengirimkan situs blog agar dimasukkan dalam Berita Google. Setelah situs blog diikutsertakan, kita dapat menginformasikan kepada Google mengenai artikel-artikel terbaru dari situs blog kita dengan mengirimkan Peta Situs Berita. Hal yang masih disayangkan bahwa Peta Situs Berita saat ini hanya tersedia untuk situs berbahasa Inggris saja.
  • Hasil penelusuran Arsip Berita. Bila memiliki isi berita histori - tersedia secara cuma-cuma atau dengan berlangganan -, pemilik situs blog dapat mengirimkannya untuk disertakan dalam Penelusuran Arsip Berita.
  • Hasil penelusuran Gambar. Kalau situs blog memiliki gambar, kita dapat memanfaatkan Webmaster Tool untuk menyertakan penelusuran gambar yang lebih akurat. Dengan ini Google dapat menggunakan Pelabel Gambar untuk mengumpulkan metaberkas tambahan mengenai gambar, dan akan membantu kami menampilkan gambar untuk penelusuran yang paling relevan.
  • Hasil penelusuran Lokal. Andaikan kita memiliki situs komersial untuk keperluan bisnis di suatu lokasi geografis tertentu, kita dapat memberikan informasi kepada Google dengan menggunakan Pusat Bisnis Lokal Google. Hal ini dapat membantu pihak Google dalam memberikan hasil yang bersifat lokal bagi para pencari baik melalui penelusuran situs (web search) dan Google Maps.
  • Hasil penelusuran Video. Ini berguna jika situs blog kita memiliki konten video. Dengan memanfaatkan Google Video atau yang sedang popular saat ini yaitu YouTube atau jasa video hosting lainnya.
6 cara diatas lebih dari sekedar konten. Ini membuktikan bahwa Google benar-benar memperhatikan pemilik situs blog dan memberikan informasi tentang tata cara agar Google mengetahui keberadaan situs blog tersebut.

Jika kita memiliki blog berpaltform blogger/ blogspot (blogger sudah lama jadi milik Google), tentunya sudah barang pasti Google akan mengetahuinya. Tetapi, hal ini akan memakan waktu relatif lama sampai Google benar-benar mengetahui eksistensi situs blog itu sendiri. Namun lebih dari itu serta lebih jauh dari itu, kalau menurut sudut pandang pribadi, ke-6 poin diatas berdampak memaksakan Search Engine Optimization untuk terus berkembang, ditengah-tengah persaingan dengan berbagai Search Engine maupun perilaku webmaster yang sering melancarkan spam keyword untuk urusan Optimasi SEO. Coba kita flashback kebelakang ketika search engine masih dipegang oleh Altavista. Saat itu urusan SEO semudah membalikkan telapak tangan.

Lebih lengkap silahkan kunjungi Suppport Google Webmaster

-------------------------------------------------------------------------------------



7 comments :

tensile strength Tuesday, September 18, 2012 at 3:44:00 PM GMT+7  

makasih banget gan tipsnya, ane baru tahu

Dasril Iteza Tuesday, September 18, 2012 at 11:11:00 PM GMT+7  

@tensile strength,

Yuk mari kita sama2 sesering mungkin mengakses Google Webmaster Tool biar pengetahuan kita bertambah & terus bertambah!

Anonymous Saturday, October 13, 2012 at 3:17:00 PM GMT+7  

Hi ӏ am so exсіted I fоund yοur blοg page,
I rеally found you bу аccident,
while I wаs lоoking on Digg fοr somethіng else,
Anуωays I am herе now аnd ωould just like to
say cheеrs fог a remаrkable post and a аll rounԁ
enϳοyable blog (ӏ alsо loνе the theme/design), Ӏ don’t have timе to read thгough it all at thе mіnutе but
I have book-marκed it and also adԁed
yοur RSS feeds, so when I have time I ωill
be back to reaԁ a lot more, Pleaѕe do κeep up the grеat jo.
Take a look at my web page : puresearching.com

Anonymous Tuesday, October 16, 2012 at 8:05:00 AM GMT+7  

Wοah! I'm really loving the template/theme of this blog. It's sіmple, yеt effectіve.
A lοt of times it's hard to get that "perfect balance" between usability and appearance. I must say you've dοne a verу gooԁ jоb
ωith thіѕ. Ӏn additіon, the
blog loаds veгy quiсk for me on Firefox.

Excеρtiοnal Βlоg!
Also see my page :: opendns coupon

mantau Thursday, January 17, 2013 at 11:15:00 AM GMT+7  

nice info mas bro, salam kenal :D

Samuel Tersembunyi Wednesday, February 13, 2013 at 12:42:00 PM GMT+7  

Keren Bro..,,jangan lup[a kunjungi blog ane ya http://tersembunyi-007.blogspot.com/

Dasril Iteza Wednesday, February 13, 2013 at 9:16:00 PM GMT+7  

@mantau : salam kenal juga,...sempat-sempat balik lagi ya ke blog sederhana ini ;)

@Samuel Tersembunyi : ok tunggu aja ea :)

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs