BHP Billiton: nama abadi untuk Belitung

Artikel singkat ini berangkat dari sebuah buku yang disusun oleh Bert Manders, seorang geolog, berjudul ‘De ontdekking van Tin op het eiland Billiton’ (Ditemukannya timah di pulau Belitung). 

BHP Billiton merupakan perusahaan pertambangan terbesar di dunia. Awalnya perusahaan ini bernama Billiton Maatschappij yang didirikan oleh John Francis Loudon - putra Alexander Loudon, marinir Skotlandia yang berangkat ke pulau Jawa pada tahun 1811. John Francis Loudon sendiri dibesarkan di Jawa dan fasih dalam Bahasa Melayu – dengan modal pinjaman pada tahun 1860 di Den Haag, Belanda.

Shell (Royal/Dutch Shell Group) kemudian membeli perusahaan ini, namun sejarah mencatat, dibawah Shell, perusahaan ini kurang berkembang sehingga akhirnya kini milik Australia. Awalnya mereka memulai usaha di Billiton. Nama Billiton tidak lain adalah Pulau Belitung itu sendiri, yang pada era John Francis Loudon mengalami masa keemasannya!

Jika melihat sejarahnya nama BHP Billiton terbentuk dari merger BHP - Broken Hill Proprietary’s perusahaan yang bergerak dalam bidang tambang Perak, Zinc dan beberapa mineral logam lainnya di Broken Hill, Australia – dan Billiton, seperti yang sudah saya paparkan diatas.


Prasasti cikal bakal John Francis Loudon dkk memulai “mengobrak-abrik” Belitong dapat anda baca di halaman depan Museum Belitung di Kota Tanjungpandan. Atau bisa kalian lihat pada image yang saya sertakan dalam potingan ini (image diatas).

Meskipun aktivitas penambangan Timah di Belitung telah usang, namun nama Billiton (Belitung)  tetap disandang (mengutip dari www.rnw.nl)!


Referensi:
  • http://www.bhpbilliton.com/home/aboutus/ourcompany/Pages/ourHistory.aspx
  • http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/untung-dari-belitung-jadi-raksasa-billiton

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs