Menggunakan deskripsi yang berbeda pada setiap halaman posting blog

Dasril Iteza - Sebagai pemilik situs blog yang ingin meningkatkan trafik (lalu lintas) untuk situs blog, kita akan terus berupaya mengoptimalkan situs blog tersebut dengan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang tepat dan lebih baik, bukan? Salah satu upaya untuk Optimasi SEO adalah dengan optimalisasi deskripsi (description) blog!

Para guru, para pakar SEO diluar sana sangat sekali tidak menganjurkan dalam menggunakan deskripsi yang sama untuk setiap halaman. Proses SEO akan lebih powerfull apabila blog owner memiliki/ mebuat deskripsi sendiri-sendiri untuk setiap halamannya.

Deskripsi suatu halaman utama atau deskripsi untuk setiap halaman yang disertakan dan tampil dalam halaman hasil mesin pencari bisa benar-benar membantu bagi pengunjung untuk memutuskan apakah memeriksanya atau tidak!

Mulanya, pengguna Blogger/ blogspot tidak berdaya sama sekali terhadap sekenario ini. Alhasil, mesin pencari bertanggung jawab untuk memutuskan apa yang harus ditampilkan sebagai deskripsi dalam hasil pencarian (tanpa persetujuan pemilik situs/ blog).

Nah, itu adalah cerita lalu. Kini blogger sudah dilengkapi dengan fitur SEO yang namanya Search Description (deskripsi pencarian). Dengan ini, kita sebagai pemilik situs blog dapat menentukan deskripsi pencarian sendiri untuk setiap halaman posting.

Sebelum saya melanjutkan, untuk urusan deskripsi mungkin akan menimbulkan permasalahan tersendiri terutama untuk sebuah situs blog yang sudah memiliki ratusan atau mungkin ribuan halaman yang berbeda. Jika ini tanpa ada utak-atik pemilik situs blog, secara sepihak, mesin pencari memutuskan sendiri deskripsi yang ditampilkan, sebagaimana yang telah disinggung diatas. Meski demikian, hal ini bisa diakali dengan membuat deskripsi pada awal paragraph atau paragraph pertama setiap artikel/ tulisan yang inngi di posting-kan.

Kembali ke pokok utama bahasan, untuk menerapkan itu semu demi kesempurnaan teknik SEO pada situs blog, dan dikhususkan bagi pengguna blogger/ blogspot, kini Google Blogger hadir dengan tambahan fitur search description yang memiliki manfaat luar biasa besar dan sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan. Dengan adanya fitur search description, pemilik blog yang ber-platform Blogger/ blogspot, akan semakin mudah untuk membuat, menerapkan serta menggunakan deskripsi yang berbeda pada setiap halaman.

Pada template HTML milik anda semua, tentu anda telah menambahkan deskrisi situs blog anda dengan tag meta deskripsi, bukan? Penggunaan tag meta deskripsi pada blog tersebut akan menjadi deskripsi utama halaman blog anda. Dan kembali saya ulangi, dengan adanya fitur search description, pemilik blog yang ber-platform Blogger/ blogspot, akan semakin mudah untuk membuat, menerapkan serta menggunakan deskripsi yang berbeda pada setiap halaman.

Sebagai contoh misalnya situs blog anda memiliki deskripsi yang anda cantumkan dalam tag meta deskripsi adalah : “blogger indonesia menulis beragam topik misal google adsense, arsip teknik optimasi seo, optimasi adsense, blogging, tips, sains teknologi serta infromasi menarik lainnya”. Hal ini adalah deskripsi utama blog anda.

Penerapan deskripsi yang berbeda pada setiap halaman adalah ketika anda hendak mempublikasikan sebuah artikel baru, setelah anda menentukan judul (title) artikel tersebut, anda bisa membuat deskrip untuk artikel halaman tersebut yang bisa anda masukkan dalam kotak Search Description. Ha ini akan menjadikan situs blog anda memiliki deksripsi yang berbeda-beda untuk setiap halamannya.

Kita andaikan saja, misalnya saat ini situs blog anda telah memilikii 1000 artikel postingan. Ini artinya situs blog anda sekarang memiliki satu deskripsi utama yang anda buat pada tag meta deskripsi serta 1000 (seribu) deskripsi yang berbeda pada setiap halaman posting artikel anda, bukan? Deskripsi tersebut akan semakin terus bertambah sejalan dengan anda mengpdate posting situs blog anda!

Hal diatas bukanlah untuk menggurui atau mengajari anda semua, melainkan hanya sekadar sharing semata. Namun jika apa yang saya sampaikan diatas masih mengundang tanda Tanya bagi anda-anda semua para pengunjung yang terhormat, maka jangan sungkan-sungkan untuk mengutarakannya pada box komentar dibawah. Thanks!

Happy blogging.

-------------------------------------------------------------------------------------



10 comments :

Dede Wiweka Sunday, November 25, 2012 at 11:02:00 PM GMT+7  

Wah info baru nih buat saya, gak nyesel nyasar kesini. Jadi makin yakin utk pake blogspot sebagai blog sharing yang berikutnya. Thanks ya Gan

Dasril Iteza Friday, November 30, 2012 at 10:51:00 AM GMT+7  

Sip.... tinggal diterapkan aja untuk selanjutnya

Heri Setiabudi Friday, December 14, 2012 at 6:20:00 PM GMT+7  

di blog saya malah tidak ada menu tsb mas,,,, mohon penjelasannya

www.herisetiabudi.com

Dasril Iteza Friday, December 14, 2012 at 8:54:00 PM GMT+7  

@Heri Setiabudi....

Untuk mengaktifkannya pilih "Setting" kemudian pilih menu "Search preferences" pengaturannya ada disana gan!

Semoga membantu!

Salam kenal!

Juna HED Sunday, April 21, 2013 at 7:24:00 AM GMT+7  

saya menemukan yang saya cari disini thanks berat, tag berbeda ini toh maksudnya.....

Dasril Iteza Thursday, April 25, 2013 at 12:21:00 AM GMT+7  

@Juna HED...

sip gan, tinggal diberdayagunakan aja biar optimal di search engine-nya

List Do Follow Wednesday, May 1, 2013 at 8:17:00 PM GMT+7  

hati2 penempatan pada meta template terjadi duplikat deskripsi.. ( terjadi deskripsi dobel saat diperiksa dgn tool seo)

Dasril Iteza Thursday, May 2, 2013 at 12:25:00 AM GMT+7  

@List Do Follow....

benar sekali dan saya setuju dengan anda. jadi gunakan meta deskripsi untuk di template adalah yang general/ umum untuk seluruh konten blog. sdangkan yang di artikel adalah meta deskiripsi khusus memang untuk artikel aja..

salam!

Dody Saduyasa Wednesday, September 25, 2013 at 6:33:00 PM GMT+7  

meta deskripsi untuk di template memang sangat bermanfaat menurut saya yang masih newbie

Dasril Iteza Wednesday, September 25, 2013 at 8:26:00 PM GMT+7  

@Dody Saduyasa ,.....

saya juga sama gan masih newbie juga, saya pun hanya berusaha untuk mengikuti setiap perkembangan SEO yang sangat cepat sekali berkembangnya

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs