Filosofi yang didapat ketika menonton sebuah drama

Sesekali, bagi saya ada keinginan untuk menonton drama-drama Asia yang banyak ditanyangkan oleh siaran televisi Indonesia, misalnya drama-drama dari Korea.

Meski demikian, saya tetap selektif untuk menonton dan drama seperti apa yang mesti saya tonton. Jika drama yang saya tonton memberikan kontribusi terhadap ide-ide pemikiran saya pribadi, atau pelajaran sejarah yang secara tidak langsung bisa saya dapatkan serta ragam filosofi hidup baik untuk pribadi, keluarga maunpun bermasyarakat luas, maka drama-drama seperti itulah yang akan saya konsumsi!

Drama-drama sejarah tentang kisah kerajaan biasanya menjadi santapan mata dan telinga saya terhadap audio visualnya. Koreografi, perwatakan protogonis dan atagonis menyatu dalam alur cerita berbungkus berbagai hal kesukaan seperti yang telah saya ungkap pada paragraf kedua diatas.

Salah satu contoh drama Korea – sayangnya hanya sesaat saya tonton – mengisahkan kehidupan kerajaan yang memiliki nilai filosofis. Berintikan bahwa “kemampuan raja dalam menggunakan bawahannya haruslah penuh pertimbangan”.

Filosofis bukan? Namun cerita yang dibuat bersetting pada zaman dahulu, menurut kaca mata saya masih relevan di abad ini.

Banyak contoh kasus yang sering kita lihat, kita dengar dan bahkan mungkin pernah kita alami sendiri. Saya memberanikan diri untuk sedikit merubah : “kemampuan raja dalam menggunakan bawahannya haruslah penuh pertimbangan” menjadi “kemampuan atasan dalam menggunakan bawahannya haruslah penuh pertimbangan”. Biar bagaimanapun, raja adalah atasan yang memiliki bawahan!

Kita sering mendengar dan membaca istilah asing : the right man in the right place, bukan? Kembali saya memberanikan diri, namun kali ini dalam upaya memaknai kalimat filosofis diatas, kurang lebihnya maknanya seperti the right man in the right place!

Bahwa, atasan jika penuh pertimbangan (serta kebijaksanaan) dalam menggunakan bawahannya akan pasti akan memberikan sumbangsih atau hasil positif!

Kredit image : http://i24.photobucket.com/albums/c2/Davis1950/Cartoons/thumbs-up.jpg

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker