Mewujudkan mimpi menikmati semua keindahan Belitung

Dasril Iteza - Wonderful Belitung terekam jelas dalam Film Laskar Pelangi maupun Film The Philosophers serta untaian kata-kata dari ratusan ribu artikel tentang Belitung maupun jepretan photografi dari para photographer handal profesional ataupun peng-hobby photography semata.

Mewujudkan mimpi menikmati semua keindahan Belitung yang dikenal Belanda sebagai Karibia dari Timur, kini tidaklah susah karena memang sedari dulu akses menuju ke Belitung cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit dari Jakarta via penerbangan pesawat udara, anda akan tiba di Negeri Laskar Pelangi.

Penerbangan ke Tanjungpandan, ibukota Kabupaten Belitung sudah tersedia setiap hari. Beberapa maskapai penerbangan, siap melayani Anda dari Jakarta ke Tanjungpandan, begitu pula sebaliknya. Untuk lebih up to date, saya menyarankan kepada anda untuk mengecek website resmi airline tersebut atau mendatangi agen penjualan tiket terdekat ditempat anda.

Biaya dari Jakarta ke Tanjungpandan sekitar Rp. 500ribuan, sedikit saya menyarakankan, anda mesti memesan tiket jauh-jauh hari ketika hendak berkunjung ke Belitung.

Belitung telah memiliki akomodasi semakin hari semakin sempurna, jalan-jalan menuju objek wisata utama semakin licin dan lebar. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu berkah dari Sail Wakatobi – Belitong 2011 dimana tanggal 5 – 12 Oktober silam Belitong tampil close-up di mata dunia khususnya dan Indonesia umumnya. Kesempurnaan itu bukan hanya untuk sekadar Sail Wakatobi – Belitong 2011 semata, namun upaya jangka panjang Belitung mempersiapkan ekonomi pasca timah!

Hal yang mungkin masih dirasa kurang adalah, minimnya transportasi umum, jadi memilih jasa Tour and Travel adalah pilihan yang lebih tepat. Tersedia pula jasa rental mobil. Namun, jika memang anda memutuskan untuk menyewa jasa rental mobil, di Belitung tersedia sangat banyak dengan kisaran tarif dimulai sekitar Rp. 400ribuan. Baik itu menggunakan jasa Tour and Travel atau jasa rental mobil, anda siap menjelajahi Belitung sepuas hati.

Di Kota Tanjungpandan dan Kota Manggar, cukup banyak tersedia penginapan seperti hotel dsb. Tarifnya bervariasi tergantung kelas yang anda ambil. Ada beragam pilihan penginapan. Paling murah adalah menginap di rumah warga, biayanya sekitar Rp 50.000 per malam. Hotel standar memiliki tarif sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per malam. Jika ingin lebih mewah, biasa memilih resort/ hotel dengan tarif harga Rp. 500.000 sampai Rp 1.500.000 per malam. (Tarif atau harga diatas tidaklah baku, bisa berubah setiap saat. Lebih logis jika anda selau mengecek itu semua sebelum memutuskan keberangkatan ke Belitung. Jika timing-nya tepat, anda bisa ke Belitung dengan biaya relatif murah kecuali untuk harga penginapan atau hotel).

Selesai dengan urusan akomodasi, Anda bisa mulai menyiapkan acara inti, menikmati keidahan pantai, laut Belitung.

Anda bisa diving snorkeling di sini. Untuk wisata kuliner, Gangan adalah yang terbaik. Banyak sekali rumah makan yang menyajikan hidangan gangan ini. Untuk cenderamata alias souvenir anda bisa membeli Batu Satam, atau lainnya. Salah satu tempat yang menyajikan hal ini adalah Galery KUKM Tanjungpandan yang terletak tidak jauh dari Pusat Kota. Demikian juga di Kota Manggar Belitung Timur, gallery serupa siap menyambut anda. Belitung juga kaya akan bangunan peninggalan bersejarah, banyak diantaranya sudah dilindungi oleh Undang – Undang Cagar Budaya, diantaranya Billiton Maatschappij yang menjadi cikal bakal BHP Billiton milik Australia sekarang ini, Eks. Rumah Tuan Kuase, Gedung Nasional Tanjungpandan dengan Gaya Art Deco dan Padang Miring-nya, dsb.

Eksplore lebih dalam dan lebih jauh, temukan Belitung tidak hanya tentang pantai-pantai mempesonanya, tidak hanya batu-batu granit unik artistiknya, tidak hanya laskar pelangi semata, tidak hanya Pulau Lengkuas dengan mercusuar tuanya melainkan masih lebih banyak dari itu semua.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs