Tertawa adalah obat mujarab

Dasril Iteza - Hunter Doherty Adams atau lebih populer dengan nama Patch Adams yang seorang dokter sekaligus aktivis sosial asal Amerika Serikat sangat mempercayai bahwa tertawa dan sikap yang positif itu lebih efektif dibanding obat dalam menyembuhkan seorang pasien. Tidak heran bila dia sering beraksi seperti seorang badut demi membuat pasiennya tersenyum dan tertawa. Dia menyakini bahwa tertawa, bergembira dan berkreativitas merupakan bagian penting dalam sebuah proses penyembuhan.
Patch Adams - brainathlete.com

Bahkan Herbert Spencer mulai melihat proses tubuh yang terlibat dalam tawa pada pertengahan abad ke-19. Dia merasa bahwa tertawa merupakan rilis dalam membangun energi saraf dalam tidak adanya “saluran pembebasan” lain yang sesuai. Setelah menjadi tertawa, Spencer menjelaskan, otot mudah bergerak di sekitar mulut kontrak, diikuti pada gilirannya oleh ekspulsi udara bebas dari paru-paru.

Setidaknya ada empat alasan mengapa tertawa bisa membuat kehidupan kita jadi lebih menyenangkan.
  1. Tertawa membuat seluruh tubuh jadi rileks. Karena tertawa yang baik dapat mengatasi tekanan fisik dan stress serta membuat otot-otot kita lebih rileks selama 45 menit setelahnya. 
  2. Tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena tertawa menurunkan hormon stress dan meningkatkan sel kekebalan tubuh serta melawan infeksi antibodi sehingga meningkatkan ketahanan tubuh dari penyakit. 
  3. Tertawa memicu pelepasan endorphin. Endorphin merupakan zat kimia alami yang baik untuk tubuh yang dapat mengurangi rasa sakit sementara. 
  4. Tertawa melindungi jantung. Karena tertawa dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan aliran darah yang dapat melindungi kita dari serangan jantung serta masalah kardiovaskular lainnya.
(Disadur dari berbagai sumber)

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs