Memancing di Pulau Buku Limau dan Sensasinya

Dasril ItezaPulau Buku Limau, Koordinat 2°49’37.45”S 108°22’14.56”T. Buat anda pecinta mancing dilautan yang kebetulan berwisata di Pulau Belitung, mungkin bisa mencoba sebuah petualangan di Pulau Buku Limau. Pulau kecil ini terletak di sebelah timur Kota Manggar, Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur. Kota ini menarik untuk menambah pengalaman kita mengenal salah satu destinasi wisata bahari di tanah air.

Buku Limau adalah Pulau sekaligus desa dengan nama yang sama yaitu Desa Buku Limau, terdiri dari dua dusun yaitu Dusun Utara dan Dusun Selatan, dimana hampir seluruh penduduknya adalah etnis Bugis, yang sudah pasti aktivitas melaut adalah makanan sehari-hari mereka!


Selain bisa berinteraksi dengan penduduk serta nelayan setempat, di pulau ini anda juga bisa melihat bagaimana msyarakat pelaut bugis yang sejak lama mendiami pulau ini mengolah ikan tangkapan mereka menjadi ikan asin.

Karena totalitas Pulau Buku Limau dikelilingi oleh perairan laut, di lokasi sekitar pulau anda juga bisa memancing. Ikan laut seperti kakap dan ikan-ikan penghuni karang dapat dengan mudah menyambar umpan anda. Spot memancingnya dari mulai dermaga tambatan kapal saat air sedang pasang, hingga menggunakan boat nelayan setempat untuk memancing sedikit lebih ke tenggah lautan. Ikan yang berhasil saya tangkap adalah jenis ikan kuning (Kerekunyit), Penangka serta berbagai jenis ikan karang lainnya.


Kunjungan ke Pulau Buku Limau kali ini – bagi saya pribadi – adalah kunjungan ke-dua setelah tahun 2010 silam. Cukup banyak perubahan yang saya temukan, seperti sudah adanya PAUD yang 2010 kemarin belum ada, dermaga tempat labuhan kapal telah diperpanjang dll.

Di sekeliling daerah ini banyak pulau-pulau kecilnya yang tak berpenghuni. Karena itu makin seru rasanya bila anda bisa menikmati hasil tangkapan sambil berkemah atau menikmati matahari terbenam. Jadi seperti apa serunya travel dan sensasi memancing di Desa/ Pulau Buku Limau? Anda sendiri bisa membuktikannya.

© 2014 – Dasril Iteza

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs