Perahu Kater – Perahu nelayan tradisional masyarakat Belitung Timur

Dasril ItezaPerahu Kater, demikianlah nama jenis perahu nelayan tradisional ini, merupakan perahu kecil yang di kedua sisinya terdapat “tangan” yang berfungsi sebagai penyeimbang perahu tersebut.


Di Pulau Belitung, perahu nelayan tradisional ini banyak di temukan di Kabupaten Belitung Timur. Anda bisa menemukannya, misalnya di kawasan Pantai Lalang di Desa Lalang Kecamatan Manggar, Pantai Serdang di Desa Baru Kecamatan Manggar dan Pantai Burong Mandi di Desa Burong Mandi Kecamatan Damar.

Uniknya, keberadaan Kater ini, cukup sulit ditemukan di Kabupaten Belitung, masyarakat nelayan disana kebanyakan menggunakan perahu bermotor (boat) – yang terkadang ukurannya bisa 3 sampai 4 kali lipat lebih besar dari Perahu Kater - untuk urusan melaut. Berbeda dengan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), cukup mudah untuk menemukan perahu Kater ini.


Di Beltim sendiri guna menunjang sektor pariwisata, bisanya setiap tahun, sekitar bulan Agustus - September, diadakan perlombaan perahu nelayan tradisional Kater yang berlokasi di Pantai Lalang Manggar.

-------------------------------------------------------------------------------------



1 comments :

jaket kulit Friday, September 19, 2014 at 5:24:00 PM GMT+7  

salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajin jaket kulit

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs