Batu Buyong, Objek Wisata di Tanjung Batu Itam Belitung Timur

Dasril Iteza - Batu Buyong terletak di Desa Tanjung Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Batu Buyong merupakan destinasi wisata khususnya wisatawan lokal Belitung. Berjarak sekitar 110 kilometer dari Tanjungpandan, kabupaten Belitung atau sekitar 70 kilometer dari dari Manggar, Ibukota Kabupaten Belitung Timur. Akses menuju ke Batu Buyong ini sanggat bagus kare bisa dikunjungi dengan sepeda motor maupun mobil. Kendaaran kita bisa langsung diparkirkan langsung dikawasan dekat si Batu Buyong tersebut.


Menurut cerita dari masyarakat sekitar, konon Batu Buyong ini awal mulanya hanya sebesar kepala bayi, namun sekarang ukurannya sudah ratusan kali lipat, bahkan tingginya saja sudah melebihi tinggi orang dewasa. Batu ini tergeletak pada bidang datar namun miring. Kemiringannya mungkin sekitar 40 derajat. Sepertinya mustahil kalu batu relatif bulat seperti itu tidak menggelinding jatuh. Faktanya, batu tersebut utuh tegak tidak bergeser. Bahkan yang coba-coba iseng mendorongnya pun batu tersebut tidak bergeming.


Batu Buyong seukuran kelapa bayi tersebut katanya sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1293 hingga 1500 M dan berpusat di Jawa Timur. Puncak kejayaan kerajaan ini adalah sekitar tahun 1350 hingga 1389 pada masa kekuasaan Raja Hayam Wuruk yang menguasai wilayah luas yang disebut Nusantara.


Jika melihat data keberadaan Kerajaan Majapahit tersebut, dihubungkan dengan keberadaan Batu Buyong maka bisa dikatakan bahwa Batu Buyong sekarang ini sudah berumur kurang lebih 500 tahun atau kurang lebih sudah setengah millenium!


Panorama pemandangan alam yang sangat indah saat kita berada disini. Berfoto-foto ria dengan latar belakang kemiringan 40an derajat seolah sang batu bulat Batu Buyong akan bergelinding menuju kearah kita, hamparan laut lepas dengan lazuardi batas pertemuan langit bumi melengkung menambah keindahan saat berada disini serta ditambah hawa-hawa mistis yang sesekali masuk dalam perasaan.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs