Situs Blog Informasi Pulau Belitung

Blogger Belitung - Melalui blog sederhana saya mencoba untuk memberikan informasi Pulau Belitung. Meskipun tidak secara khusus semua konten isi artikel blog ini membahas tentang Belitung, namun disusun berdasarkan keadaan dan perkembangan terbaru tentang Pulau Belitung, sebentuk pulau relatif kecil nan istimewa yang dimiliki oleh Kepulauan Indonesia.

Saat ini Pulau Belitung secara administratif terbagi dalam dua kabupaten, yaitu:
  • Kabupaten Belitung dengan ibukota Tanjungpandan; 
  • Kabupaten Belitung Timur dengan ibukota Manggar
Jarak tempuh dari kedua kota ibukota kabupaten ini memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam. Tergantung seberapa cepat anda mau memacu kendaraan.

Belitung adalah pulau istimewa. Dari sektor pariwisata, Pulau Belitung memiliki cukup banyak jumlah pantai yang memiliki pesona serta keindahan tersendiri yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia bahkan di dunia.

Juga memiliki sangat banyak peinggalan benda bersejarah warisan masa lalu. Demikian juga dengan Benda Cagar Budaya, di Belitung cukup banyak bisa ditemukan dengan kondisi yang rata-rata masih terawat sangat baik, meskipun ada juga yang telah berubah karena beberapa alasan dan kepentingan.

Pulau Belitung tidak bisa dilepaskan dengan timah. Penambangan timah ini sudah dilaksanakan lebih dari satu setengah abada lalu, sejak ditemukan oleh Belanda, John Francis Loudon dkk! Aktivitas tersebut melahirkanlah apa yang kita sebut – salah satunya – Benda Cagar Budaya.

Selain timah, Pulau Belitung juga sempat dikenal dengan keramiknya. Wajar! Pabrik keramik modern pernah mengisi bagian sejarah Pulau Belitung, khususnya Kota Tanjungpandan karena pabrik keramik yang bernama PT KIA, awalnya bernama CV Keramika Indonesia berdiri tahun 1953, hingga akhirnya kolaps pada tahun 1990an. Tidak kurang seperempat abad keramik-keramik Belitung dikenal orang. Bahkan di tahun 1960-an orang merasa bangga menyimpannya di rumah. Karena mutunya dianggap tak berbeda dengan keramik atau porselen asal negara-negara penghasil keramik tradisionil lainnya di Asia, seperti Cina, Taiwan dan Jepang. Bahkan orang-orang kelas atas pun tak segan segan memajangnya. Salah satu bahan dasar pembuatan keramik adalah Kaolin. Kaolin ini juga banyak ditemukan di Pulau Belitung.

Sebagaimana judul artikel ini yaitu Situs Blog Informasi Pulau Belitung, hanyalah terbatas pada penyediaan informasi tentang Pulau Belitung semata. Saya selaku admin blog, tidak menyediakan jasa tour and travel lewat blog ini. Bak kata pepatah, tiada gading yang tak retak, penyampaian informasi Pulau Belitung dalam blog sederhana ini mungkin masih jauh dari sempurna, terlepas dari Pulau Belitung itu sendiri yang informasinya masih terus digali, harus terus di-update untuk diinformasikan pada seluruh pelosok dunia yang bisa mengakses situs blog ini dengan internet.

Oleh karena itu, jika memang ada kekurang disana-sini dan jika memang apa yang rasanya belum saya sampaikan dalam blog ini, hendaklah pengunjung terhormat memberikan peran aktif kepada saya. Cukup dengan memberikan komentar atau kiriman email, maka interaksi tentang penyampaian informasi Pulau Belitung membuat blog ini akan semakin mendekati fungsi semesti sebagai salah satu situs blog penyedia informasi tentang Pulau Belitung. (Dasril Iteza)

-------------------------------------------------------------------------------------



4 comments :

Web Developers Delhi Tuesday, March 31, 2015 at 5:22:00 PM GMT+7  

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

Dasril Iteza Wednesday, April 8, 2015 at 11:53:00 AM GMT+7  

@Web Developers Delhi ...

Thank you :)

Manfaat Meditas Bagi Kesehatan Mental Dan Fisik Monday, June 27, 2016 at 3:56:00 PM GMT+7  

Nice blog

Dasril Iteza Monday, June 27, 2016 at 9:00:00 PM GMT+7  

makasih... silahkan sering2 berkunjung kembali ya...

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs