Bungkok Benali dari Belitong

Blogger Belitung - Siapa itu Bungkok Benali? Bungkok Benali adalah kosa kata di Belitung. Bungkok artinya bungkuk – yang menjelaskan bentuk punggung yang bungkuk – sedangkan Benali atinya bertali-tali. Sosok Bungkok Benali bagi segelintir orang di Belitung dipercayai memang pernah ada, pernah hidup di Belitung. Sosok ini konon katanya memiliki kesaktian yang luar biasa.

Saya pikir, kita semua mungkin pernah mendengar kisah seorang manusia yang menanam kacang di Bumi, rambatan kacang tersebut demikian panjangnya sehingga mencapai bulan. Yah, itu adalah cerita Jack dan Kacang Polong. Cerita ini memang mirip-mirip cerita diatas, namun beberapa tokoh masyarakat yang saya “wawancarai” membenarkan bahwa sosok Bungkok Benali ini memang pernah ada, dan bukan sosok legenda ataupun dongeng walaupun mungkin ceritanya memang tidak lebih dari sekedar folklore! Ceritanya bisa saja dongeng namun Bungkok Benali ini adalah manusia juga yang memang pernah hidup!

Sosok ini memang terkenal dengan punggung bungkuk-nya. Penasaran karena sebagian tokoh masyarakat mengatakan bahwa sosok ini memang pernah ada, saya bertanya nama asli Bungkok Benali ini. Namun sayangnya tidak ada seorang pun yang mengetahui.

Saat mewawancarai salah satu tetua kampong, beliau menjelaskan, bahwa cerita ini hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya. Ini memiliki alasan karena Bungkok Benali, tidak termasuk folklore. Sehingga wajar saja banyak orang yang tidak mengetahui cerita siapa itu Bungkok Benali.

Memiliki banyak kesaktian yang salah satunya adalah kebal senjata apa saja, sosok ini bercocok tanam kacang dipekarangan rumahnya. Tidak seperti kacang-kacang lainnya, rambatan kacang ini semakin panjang dan terus panjang sehingga akhirnya mencapapi bulan! Dengan kesaktiannya dan dibantu oleh rambatan kacang ini, Bungkok Benali-pun bisa bolak balik Bumi dan Bulan!

Sedikit kesukaran bagi saya untuk merangkai cerita ini, dikarenakan minimnya sumber-sumber serta minimnya orang-orang yang mengetahui cerita ini. Satu hal yang dipercayai orang yang mengetahui cerita ini, bahwasanya Bungkok Benali, terakhir kalinya dia ke Bulan, dia tidak pernah turun lagi kembali ke Bumi. Jika anda semua melihat bulan purnama sempurna, Anda akan melihat visualisasi seolah-olah ada sesosok bungkuk yang sedang duduk. Inilah yang disebut Bungkuk Benali. Jika visualisasi sosok bungkuk itu tidak bisa anda lihat, mungkin ada perbedaan sudut pandang visualisasi derajat anda. Yang pasti, dari Pulau Belitung, saat Bulan Purnama Raya, Sosok Bungkuk dari Bungkok Benali ini terlihat sangat jelas!(*DI)

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs