Wisata Water Boom Kolong Keramik Belitung

Blogger Belitung - Jika ditarik ke masa lalu, Kolong Keramik pernah mengisi bagian penting dalam sejarah penambangan timah di Pulau Belitung, yang di-pionir-i oleh orang Belanda, John Francis Loudon dkk.


Pada tahun 1953, Kolong Keramik dimanfaatkan sebagai sumber air untuk aktivitas pabrik keramik modern pertama di Indonesia, CV Keramika Indonesia (kemudian berubah nama menjadi PT KIA). Pabrik ini berdiri cukup lama, hingga era tahun 1990-an. Selama masa itu pula masyarakat Tanjungpandan mulai menyebut kolong ini dengan sebutan Kolong Keramik.

Sejak pabrik PT KIA kolaps, Kolong Keramik kian terlantar. Sebagian besar permukaannya mulai tertutup oleh tumbuhan air seperti Eceng Gondok. Bahkan, konon katanya didalam air kolong ini dihuni juga oleh ular Sanca – orang Belitong menyebutnya Sabak – yang berukuran cukup besar. Namun sampai sekarang tidak terbukti kebenaran dan keberadaannya. Kolong ini pun kemudian menjadi salah satu lokasi mancing favorit sebagian masyarakat Tanjungpandan.

Dimulai Tahun 2010 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung mulai merevitalisasi kolong dan bertujuan menjadikannya salah satu ‘Public Space’ bernuansa kolong atau danau di Kota Tanjungpandan sehingga menjadi salah satu objek wisata pemandian umum dilengkapi dengan water boom-nya.

Wahana bermain water boom kolong keramik Tanjung Pandang Belitung dibuka pukul 14:00-17:00 WIB untuk hari kerja Senin-Sabtu. Sedangkan Minggu, jam operasionalnya dibagi dua yakni 09:00-12:00 WIB dan 14:00-17:00 WIB.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker