The Pantai Punai Jurassic Adamellite Geosite Belitung

Blogger Belitung - Pulau Belitung memang berkategori pulau kecil, namun keindahan pesona pantainya membuat pulau ini kaya akan pemandangan alam pantai yang hampir dapat ditemui disepanjang bibir pulau. Beragam jenis pantai yang ada di pulau ini dan beberapa diantaranya pula telah saya tuliskan dalam blog ini dan pada kesempatan ini saya sedikit akan membahas salah satu pantai dengan panorama kecantikan alam yang luar biasa dan saat ini masuk dalam pengembangan Geosite Belitong, khususnya di Belitung Timur, yaitu: The Pantai Punai Jurassic Adamellite.


Secara geosite, Pantai Punai merupakan contoh lain dari formasi batuan pantai di Belitong. Geosite ini penting sebagai perwakilan granit I-type dalam bentuk Adamelite. Pulau lain terletak tak jauh dari pantai bernama Pulau Punai dan Pulau Pandan. Lokasi ini sekarang telah menjadi tujuan wisata populer.

Pantai ini merupakan jenis pantai yang masih sangat natural dengan hamparan pasir putih dan bebatuan granit. Indah dan natural. Itulah kata yang saya rasa pas untuk pantai ini. Begitu memasuki gerbang pantai, anda akan disuguhkan pemandangan ilalang yang menghijau, lebih kedalam lagi anda akan melihat banyak sekali deretan pohon kelapa yang tumbuh secara alamai. Namun uniknya pohon-pohon kelapa ini tertata rapi seolah-olah ada yang menyusun formasinya. Barulah kemudian anda akan melihat pantai yang indah dengan bebatuan granit serta pohon pinus yang tinggi (menurut perhitungan saya bahkan ada beberapa pohon pinus diatas ketinggian 12 meter).


Berjarak kurang lebih sekitar 93 km dari Kota Tanjungpandan atau 18 km dari Kecamatan Simpang Pesak, pantai ini berlokasi di Desa Tanjungkelumpang (lebih mantap lagi jarak pantai ini sekitar 4 kilometeran dari Kantor Kepala Desa Tanjung Kelumpang). Pantai ini selain memiliki pesona alami nan indah juga dijadikan sebagai tempat untuk nelayan menangkap ikan segar. Jadi andaikan anda berkunjung ke pantai ini anda bisa mendapatkan langsung ikan yang masih segar. Karena masih memiliki nuansa yang masih alami, pantai punai bisa dijadikan untuk menyegarkan pikiran anda dan membuat anda nyaman sekali saat berkunjung kesini.

Pantai ini cocok juga untuk melaksanakan aktivitas olah raga seperti berenang, memancing dan juga snorkeling. Ditempat ini juga cocok buat anda petualang yang ingin mendapatkan sensai petualangan yang berbeda. Tidak ketinggalan bagi yang hobby photografi, anda juga bisa mendapatkannya disini, tidak peduli apakah anda itu amatiran atau memang sudah pro sekalipun, anda akan mendapatkan hasil yang bagus disini. Diseberang sana tampak Teluk Balok yang terkenal dengan udangnya.

Pantai ini sudah memiliki beberapa shelter dan panggung terbuka yang sewaktu-waktu bisa dijadikan tempat untuk menampilan jenis pertunjukan rakyat, warung makan juga tersedia disini. Anda bisa menikmati makan siang anda dengan menu seafood berupa Gangan, kuliner asli Pulau Belitung sambil menikmati pesona pantai dengan dengungan lembut gelombang serta angin laut. Sempurna!
 

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker