Open Pit Nam Salu Geosite Kelapa Kampit Belitung Timur

Blogger Belitung - Open Pit Nam Salu Geosite Kecamatan Kelapa Kampit Kab. Belitung Timur atau dikenal juga Open Pit 22 merupakan kawah berair biru kehijauan dengan kedalaman 40 meter, bekas penambangan timah memaparkan beberapa batuan sedimen, yaitu batu pasir merah, kuarsa, dan batuan metamorf, batuan yang mencakup era Permo-Karbon (Permo-Carboniferous).


Kegiatan penambangan timah di Kelapa Kampit dan Gunung Kik Karak disebut 'lubang terbuka' karena metode penambangan ini melibatkan pembukaan lubang besar seperti kawah gunung berapi, setelah itu terowongan horizontal dan vertikal selanjutnya digali. Menurut penduduk setempat, 9 tingkat situs penambangan bawah tanah diciptakan selama periode aktifnya.

Kegiatan penambangan tersebut dimulai ketika sumber daya timah yang signifikan ditemukan di Gunung Kik Karak. Perusahaan tambang Australia BHP (1971-1985) kemudian melakukan operasi penggalian besar-besaran yang membentuk kawah besar di puncak Gunung Kik Karak. Selain bekas tambang, geosite juga signifikan secara budaya; terletak di dekat situs leluhur komunitas Kampit, Kik Karak, yang dihormati oleh penduduk lokal dan etnis Tionghoa.

Objek ini masih dalam pengembangan, sehingga untuk sekarang ini, jika mau mengunjungi Open Pit Nam Salu, sanggat tidak dianjurkan untuk membawa anak-anak kecil, atau pun jika memang hendak membawa anak-anak, perlu pengawasan ekstra ketat dari orang tua. Selain itu, sekarang ini, saya sangat menyarankan ada didampingi oleh pemandu lokal yang bisa anda temui di Container Park gerbang sebelum anda masuk area open pit.

Seperti apa Open Pit Nam Salu, saya punya video-nya dibawah ini. Selamat menyaksikan!

-------------------------------------------------------------------------------------



3 comments :

Anonymous Tuesday, September 10, 2019 at 11:43:00 AM GMT+7  

Absolutely indited content, Really enjoyed looking at.

Anonymous Sunday, October 13, 2019 at 5:26:00 AM GMT+7  

bookmarked!!, I really like your blog!

Anonymous Wednesday, November 6, 2019 at 7:04:00 PM GMT+7  

Excellent article. I am going through a few of these issues
as well..

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker