IPAS Aik Sagak – Ikatan Pemuda Air Saga Belitung

Blogger BelitungIkatan Pemuda Air Saga/ Ikatan Pemuda Aer Saga atau IPAS Air Saga/ IPAS Aik Sagak.

Tidak banyak yang diketahui tentang organisasi/ perkumpulan ini. Sepanjang yang saya tahu, sepanjang informasi yang saya miliki, IPAS merupakan kependekan dari Ikatan Pemuda Air Saga. Lewat foto lawas dibawah ini, saat itu ejaan kata Air Saga masih ditulis dengan Aer Saga, sehingga waktu itu IPAS merupakan Ikatan Pemuda Aer Saga.


Foto lawas tersebut berangka tanggal bulan dan tahun 15 April 1949 dalam sebuah agenda rapat tahunan. Jadi, apa sebenarnya IPAS itu? Lagi-lagi, informasi yang saya dapatkan tidak lain hanyalah sebuah Klub Sepak Bola kebanggan Desa (Kampong) Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan – Kabupaten Belitung.

Kiprah klub sepak bola ini memang mempihatinkan, antara ada dan tiada. Markas besar mereka sekarang ini adalah lapangan sepak bola sebelah SD Negeri 7 Tanjungpandan. Namun, sangat disayangkan sesi latihan atau sparing merupakan perkara langka untuk disaksikan.

Namun satu hal yang pasti, IPAS Aik Sagak ini sudah ada semenjak 3 tahun setelah Indonesia merdeka. Hal ini menandakan, IPAS adalah salah satu klub lokal tertua tidak hanya di Pulau Belitung, tapi mungkin juga salah satu yang tertua di Indonesia. 


Kiprah terakhir yang bisa ditelusuri tentang IPAS Air Saga ini adalah andil dalam Liga Wilayah Tanjungpandan Askab PSSI Belitung di Lapangan Padang Arok tahun 2016 silam, dimana IPAS Air Saga 1-2 dikalahkan oleh Persimura.

Dan, bagi yang mengetahui lebih tentang IPAS Aik Sagak, jangan sungkan untuk coret-coret komentar dibawah ini!

Bacaan lebih lanjut :
  • https://kominfo.belitungkab.go.id/2017/03/19/ketika-pak-long-ngenangkan-suke/
  • https://belitung.tribunnews.com/2016/05/03/kasus-unik-klub-ini-jadi-juara-karena-menang-undian

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker