Lokasi Penembakan Udara (AWR) Buding – Belitung

Blogger Belitung - Air Weapon Range (AWR) atau Lokasi Penembakan Udara merupakan tempat pilot pesawat tempur dan/ atau helikopter untuk melakukan latihan penembakan udara di Pulau Belitung. Berlokasi di Desa Buding, Kecamatan Kelapakampit, Kabupaten Belitung Timur, Air Weapon Range ini memiliki luas 7.474.000 m2.
 

Sangat mudah dilihat dari perjalanan darat dengan rute yang oleh masyarakat Belitung disebut Jalan Kampit. Lokasi Penembangkan Udara adalah salah satu lokasi berbahaya di Pulau Belitung. Jadi anda jangan heran dengan papan rambu-rambu penanda bahaya di kawasan AWR ini.

Berbahayanya kawasan ini karena sering kali masyarakat setempat menemukan bom/ rudal yang gagal meledak saat ditembakkan. Meski demikian, itu adalah rudal aktif yang bisa meledak kapan saja. Sama seperti kasus bom peninggalan Perang Dunia II yang sering kita dengar di media. Jika menemukan benda yang mencurigakan apalagi disangka bom/ rudal, hendaknya laporkan segera pada pada pihak terkait.


Meskipun Lokasi Penembakan Udara Air Weapon Range tersebut berdekatan dengan jalan aktif masyarakat, namun jangan jadikan hal ini sebagai penghalang anda untuk menikmati Pesona Pulau Belitung, lagi pula, militer tidak saban hari latihan tembak menembak, jatuh menjatuhkan bom di AWR Buding ini, bahkan setahun sekali pun belum tentu.


Selain AWR Buding yang telah disebutkan diatas, Desa Buding juga memiliki sebuah museum yang dikenal dengan nama Museum Itiqomah Buding. Museum Buding adalah museum kecil yang menyimpan berbagai macam artefak bersejarah peninggalan Kerajaan Balok dan Kerajaan Buding sendiri. Selain beberapa benda yang disebutkan diatas, salah satu artefak bersejarah yang diyakini berasal dari sekitar abad ke-5 masehi adalah sebuah kemudi kapal.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker