Spaanse Mat, Uang Kuno yang pernah berlaku di Belitong tempo dulu

Blogger BelitungSpaanse Mat 8 Real. Dalam catatan John Francis Loudon yang dibukukan dalam judul De EERSTE JAREN der BILLITON ONDERNEMING Publisher : Amsterdam : J.H. De Bussy, 1883, Ada banyak sekali informasi tentang Belitong tempo doelo yang bisa kita temukan. Dari mulai kedatangan rombongannya 169 tahun yang lalu ke tanah Belitong ini, hingga informasi mata uang yang pernah dipakai di Belitong untuk bertransaksi. Nah, tentang mata uang inilah yang sedikit akan saya ceritakan.
 
Nama uang kuno tersebut adalah “SPAANSE MAT” yaitu uang koin perak tua Spanyol yang bernilai 8 real. Spaanse Mat sendiri merupakan penyebutan oleh Belanda untuk uang koin perak 8 real tersebut. Adapun nilai yang berlaku saat itu adalah tergantung pada banyaknya uang receh tembaga yang beredar, dengan nilai berkisar 2,5 persen sampai 4 persen. Sayangnya disini Loudon tidak menyebutkan secara detil tentang ‘uang receh tembaga’ tersebut.

Saya pun menggerakkan jari untuk mengetik uang perak Spaanse Mat tersebut pada mesin pencari internet, sehingga saya menemukan penampakan dari uang Spanyol senilai 8 real tersebut, seperti dibawah ini.


Loudon juga menyebutkan bahwa ada juga uang kertas yang dipakai, yaitu yang diterima oleh beberapa pedagang namun namun tidak dipakai oleh penduduk, sayangya dia tidak menjelaskan bentuk serta deskripsi uang kertas tersebut sehingga saya kesulitan untuk menelusurinya di internet.

Bahkan diceritakan juga di pedalaman Belitong kala itu berlaku uang mereka sendiri untuk tukar menukar yang berupa “Paku” yang mempunyai nilai “Paku Seratus”, “Paku Duaratus

Itulah sedikit gambaran tentang uang kuno yang pernah dipergunakan di Belitong tempo dulu berdasarkan buku John Francis Loudon tadi.

Rujukan:
  • Buku De EERSTE JAREN der BILLITON ONDERNEMING. Publisher : Amsterdam : J.H. De Bussy, 1883.
  • https://nl.wikipedia.org/wiki/Spaanse_mat_(munt)

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogsBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker