Apakah Artinya Menjadi Seorang Blogger?

Dasril Iteza - Sebenarnya menjadi seorang blogger itu apa, sih? Apa arti sebenarnya menjadi seorang blogger itu? Menurut anda semua apakah maksudnya dengan menjadi seorang blogger itu? Mari coba anda lihat sedikit usaha saya dalam mengartikan arti seorang menjadi blogger berikut ini.

Apa artinya menjadi blogger tentu akan sangat berbeda dari anda, saya ataupun orang lainnya. Untuk beberapa orang, blogging (ngeblog) adalah pekerjaan penuh waktu yang khusus menyediakan untuk orang lain dan keluarga mereka (kemungkinan ini banyak terjadi di dunia barat sana). Menjadi seorang blogger, untuk orang-orang ini, sama halnya seperti menjadi guru, penulis, marketer dan pebisnis. Yap, blogging dapat menyenangkan bagi orang-orang ini, sama seperti profesi lainnya dapat menyenangkan. Namun, "blogger" yang seperti itu adalah mereka yang hidup dari hasil ngeblog atau tidak punya profesi lain selain menjadi blogger tadi. Ini bisa diartikan blogging itulah sebagai “kantor kerja” mereka.

Pernah saya memposting artikel “Motivasi membuat Blog: Antara Idealis dan Monetisasi”, seorang blogger bisa saja berarti seperti itu, bukan? Meskipun bukan seseorang yang mencurahkan waktunya 24 jam non stop khusus untuk blogging ngeblog!

Idealnya menjadi blogger berarti menjadi seorang yang ahli tentang topik atau bidang yang dikuasai. Sebagai contoh, misalnya blog anda tentang berbagai macam tips dan trik, sports atau memancing atau pariwisata. Ada juga yang campursari seperti blog saya ini. Dimana ada berbagai kategori yang telah saya sediakan, khusus buat anda para pembaca. Bila blog anda tentang topik yang diberikan secara teratur, para pembaca mulai melihat anda sebagai seorang ahli atau punya kapasitas dalam masalah itu. Anda mungkin tidak memiliki pelatihan formal di dalam wilayah ini, namun fakta menyatakan bahwa Anda menulis tentang hal tersebut sangat sering dan terus up to date, menulis kemudian mem-publish-nya di internet (blog) adalah pernyataan tersirat yang mengindikasikan bahwa Anda adalah seorang ahli, setidaknya di mata beberapa orang. Sering sekali, bahwa Menjadi seorang blogger, berarti menjadi seseorang yang ahli.

Ada blogger yang hanya blog-nya untuk alasan pribadi dan hanya berisi tentang topik pribadi. Hal ini sah-sah saja. Misalnya, bahwa seorang blogger akan menggunakan blog mereka untuk “membicarakan” tentang keluarga mereka atau kehidupan mereka. Memiliki teman-teman yang juga blogger dan keluarga yang tinggal jauh sehingga bisa membaca isi blog tersebut secara teratur dan menuliskan komentar di blog itu, maksudnya adalah menggunakan blog untuk tetap berhubungan dengan satu sama lainnya. Dalam model ini, menjadi seorang blogger hanya berarti bahwa anda telah menemukan cara lain untuk tetap dekat dengan teman dan keluarga.

Ada juga blogger yang menampilkan pembahasan tertentu, yang intinya mengundang untuk berdiskusi. Dalam beberapa kasus, blog ini bahkan lebih populer dari boad message (BBS).

Kalau dilihat secara seksama, ada juga blogger, dimana blognya hanya – atau beberapa – berisi artikel milik orang lain yang mereka copy kemudian paste ke blog milik mereka, semua artikelnya sama persis. Mereka ini disebut blogger penduplikasi. Namun saya ingin bertanya kepada anda, blogger yang seperti ini bisakah disebut atau diartikan sebagai seorang blogger?

Anda telah melihat, apa artinya menjadi seorang blogger tentu akan menimbulkan penafsiran tentang banyak hal yang berbeda-beda pula. Dalam banyak kasus, seorang blogger mungkin saja dia itu seorang organizer community, seorang ahli, dan seorang profesional, sambil menggunakan blog, mereka tetap dapat berhubungan dengan kerabat jauh dan teman-teman atau dengan blogger lain yang tidak saling mengenal jati diri satu sama lainnya, terpisah adat istiadat, pulau, negara bahkan benua serta bahasa ibu yang berbeda. Namun satu hal yang pasti, pengalaman negblog itu sebenarnya tidak berbeda dari satu blogger dengan blogger lainnya.

Nah, bagai mana dengan anda semua? Apa pendapat anda? Kalau Menurut anda, apa ‘sih artinya menjadi seorang blogger itu?

-------------------------------------------------------------------------------------



9 comments :

bintang Sunday, June 6, 2010 at 3:24:00 AM GMT+7  

blog saya juga campur sari mas, yg penting tetap ngeblog aja

abdul majid Tuesday, June 8, 2010 at 12:06:00 AM GMT+7  

kalo saya menjadi seorang blogger ya buat menuangkan buah pikiran, ide atau berbagi info serta kalau bisa mencari uang dari ngeblog

Dasril Iteza Tuesday, June 8, 2010 at 10:14:00 AM GMT+7  

Dear Abdul Majid...
Saya sependapat dengan anda, apa aja yang bisa dipostingkan kalo menurut saya menarik, maka akan saya postingkan..... perkara bisa "make money" saya pikir bisa-bisa aja.... tinggal kretif kita yang bagaimananya gt.... diinternet banyak sekali tips dan trik how to make money online.... saya juga sedang mempelajarinya... inilah salah satu konsekuensi saat kita memutuskan untuk "jatuh cinta" dengan blog, blogger dan blogging :)

salam kenal & makasih atas kunjungannya!

Anonymous Thursday, June 10, 2010 at 6:48:00 PM GMT+7  

yang bikin para blogger jengkel itu biasanya blogger yang suka duplikat artikel blogger lain.... klo di ezine c ga maslah... krn emng dah ada aturannya.

Buku Catatan? Friday, June 11, 2010 at 8:49:00 PM GMT+7  

Aku Douglas....
klo kita jadi seorang Blogger
kita harus bener" sediain waktu buat
nge-post....

klo blog aku sih.....
isinya tentang kehidupan sehari" aku
tapi ttp seru kok.....

Dasril Iteza Sunday, October 24, 2010 at 9:11:00 PM GMT+7  

@anonim....
emang c... terkadang banyak blogger yang meradang karena artikel yang sudah dipikirkannya sekian lama, bgtu di publih, di copas tuntas oleh "blogger" lain....... parahnya lagi tanpa menyertakan sumber atau linkback!!

Download Video dari Youtube Friday, November 16, 2012 at 2:46:00 AM GMT+7  

Cuman mau menambah wawasan dan sekalian mencari penghasilan sampingan mas!

Dasril Iteza Friday, November 16, 2012 at 10:16:00 AM GMT+7  

@Douglas...

setuju sekali, menyediakan waktu untuk memikirkan postingan yang asli original milik kita sejatinya akan terasa sebagaimana layaknya seorang blogger sejati... hehehhehe

apapun isinya pengalaman ngeblog memang sangat mengasyikan, bukan?

@Download Video dari Youtube...

Sip bro..lanjuuuutttttt.....

Dasril Iteza Tuesday, January 10, 2017 at 9:46:00 PM GMT+7  

@bintang ...

apapun itu, gak masalah gan yang penting happy blogging

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs