Google Akuisisi Metaweb


Jumat lalu (16/07) Raksasa mesin pencari internet dunia, Google kembali mengakuisisi sebuah perusahaan yaitu dengan membeli sebuah perusahaan database yang bernama Metaweb. Hal ini Google beralasan karena untuk membantu meningkatkan performa kemampuan mesin pencari tersebut. Namun, pihak Google Tidak menyebutkan persyaratan transaksi pembelian (akuisisi) apalagi kucuran dana yang dikeluarkan dalam proses akuisisi tersebut!

Langkah Google dalam mengakuisisi Metaweb ini juga untuk mengungguli Facebook, dengan menguasai perusahaan raksasa Metaweb tersebut Google "akan" selangkah lebih maju dari Facebook. Ini wajar saja Google memang kalah dari Facebook, setidaknya dalam urusan jejaring sosial. Dalam persaingannya untuk menjadi web yang sempurna Google dan Facebook akan bersaing dalam mengelola metadata preferensi setiap penggunanya, karena metadata yang dibangun Facebook bisa saja menjadi semacam saingan (kalau bisa dibilang ancaman) bagi Google!

Metaweb adalah sebuah perusahaan database yang saat ini memiliki 12 juta “potong” data, termasuklah nama-nama tempat, nama-nama orang terkemuka, perusahaan dan film. Seperti yang dikatakan Jack Manzel - Google Director of Product Management - dalam postingan blog resmi Google “Kami telah memperoleh Metaweb, sebuah perusahaan yang menangani database terhadap hal-hal terkemuka dunia”. Dengan bekerja bersama-sama, kita menginginkan peningkatan pencarian dan membuat web menjadi lebih kaya dan lebih bermakna bagi semua orang”, lanjutnya. Manzel dalam hal ini mewakili Google sangat percaya dan akan bekerja bersama-sama sehingga Google bisa memberikan jawaban yang lebih baik. Dalam hal ini Metaweb bisa terbukti bermanfaat dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang sangat rumit.

Metaweb berbasis di San Francisco, yang didirikan pada tahun 2005, sebuah perusahaan terkemuka yang memelihara sebuah database terbuka yang disebut Freebase lebih dari 12 juta item, termasuk film, buku, acara televise, perusahaan dsb. Namun apakah database terbuka bernama Freebase tersebut akan dipertahankan oleh pihak Google? Jawabannya iya! Google mengatakan akan mempertahankan Freebase sebagai database "bebas dan terbuka bagi dunia”.

Menzel mengatakan, "Kami percaya bahwa dengan meningkatkan Freebase, hal tersebut akan menjadi sumber daya yang luar biasa untuk membuat Web lebih kaya untuk semua orang”.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs