Apa Sebernarnya Search Engine Optimization (SEO) Backlink itu?

Backlink adalah bagian terpenting atau tolok ukur kesuksesan suatu website atau blog di jaringan internet dan merupakan hal yang esensial serta sangat beralasan agar website atau blog kita bisa terdaftar pada (beberapa) mesin pencari utama. Sederhanya backlink itu adalah link dari website atau blog lain menuju ke website atau blog milik kita. Sebagai bagian dari banyaknya algoritma mesin pencari, penting juga untuk melihat susahnya melihat link berkualitas yang masuk ke website atau blog kita. Untuk mempertegas semua itu, terutama terhadap kualitas suatu link, ada banyak koleksi link (istilah kerennya link farm) yang tidak berguna dan skema link jika kita berpartisipasi di dalamnya – sengaja ataupun tidak -, akan membuat website atau blog kita di-banned oleh mesin pencari utama (semisal dari Google Search Engine). Mesin pencari melihat link dari yang lain dimana suatu website atau blog sebagai sebentuk tanda respect dan bahwa website atau blog kita mungkin memiliki sesuatu untuk ditawarkan.

Jika website atau blog kita merupakan pendatang baru (newbie) di dunia SEO, hal realistis yang kita harus tahu bahwa backlink adalah bagian penting untuk sebuah website atau blog. Katakanlah misalnya dengan hanya satu link ke website atau blog kita dari website atau blog lain yang terindeks, teorinya maka kita biasanya bisa mendapatkan beberapa “bots” mesin pencari yang mengunjungi website atau blog kita dalam hitungan jam bukan hari, atau bahkan berminggu-minggu melalui “manual submission”. Ceritanya akan menjadi lain kalau backlink - biasanya berarti - bahwa kita memiliki beberapa keywords atau kata kunci yang wajar di beberapa mesin pencari jika memiliki website atau blog yang berkualitas baik. Ukuran standar website atau berkualitas baik adalah salah satunya page rank. Kebanyakan orang akan menilai, jika page rank suatu website atau blog memiliki nilai yang tinggi, logikanya itu adalah website atau blog yang berkualitas baik.

Sayangnya dalam hal ini blog saya belum memiliki nilai page rank tinggi alias masih nol! Namun, hal itu tidak sampai menyurutkan saya untuk berkiprah di dunia blogging dan “become a good blogger”, SEO backlink bisa saya manfaatkan dan tinggal menunggu hasilnya saja.

Berbekal informasi di atas adalah mudah untuk melihat betapa vitalnya suatu backlink. Pertanyaannya adalah di mana kita bisa mendapatkan link-link berkualitas itu semua? Nah, dengan mengikuti saran dari para webmaster atau blogger experts alangkah bijaksananya jika kita mengikuti Forum, dimana banyak webmaster profesional dapat ditemukan. Dengan bergabung pada komunitas blogger, kita bisa menemukan para blogger master yang memiliki blog berkualitas baik, kita juga bisa menaruh link website atau blog kita dengan berkomentar yang relevan dengan konten website atau blog yang memiliki kualitas page rank tinggi yang diberikan oleh Google. Dan hal yang perlu diingat dengan mengikuti saran-saran para webaster ataupun blogger expert, hendaklah jangan melakukan komentar spam, jika melakukan demikian, kita tidak bisa mendapatkan apa-apa, alih-alih ingin mendapatkan dukungan dari website atau blog yang berkualitas dan ber page rank tinggi, website blog kita bahkan bisa tenggelam tanpa seorangpun yang mengetahui kecuali diri kita sendiri dan kita tidak akan pernah mendapatkan dukungan apapun baik dari website atau blog maupun terindeks oleh mesin pencari utama sekelas Google.

Dan pekerjaan besar bagi kita para blogger pendatang baru agar bisa mendapat dukungan dari website atau blog yang berkualitas serta memiliki nilai Page Rank tinggi.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

outlet dinar Tuesday, December 21, 2010 at 12:47:00 PM GMT+7  

info yang menarik...saya liat blog ini cukup berkarakter,follower nya juga banyak banget,cuman kurang mendetil infonya untuk mendatangkan backlink yg berkualitas tuh gmn?

Dasril Iteza Tuesday, December 21, 2010 at 2:13:00 PM GMT+7  

makasih ats koment-nya,.... ya memang ada kekurangan dalam postingan ini... link yang berkualitas bisa didapatkan dengan tukaran link, bisa didapatkan dengan menjadi website direktori Google (dmoz.org - ODP), dengan link hadiah (ini nih link yang paling super sukar didapatkan)...

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs