Analisa Karakter Meta Tag dalam Kaitan Dengan Optimasi SEO

Tidak semua mesin pencari utama memerlukan meta tag atau tag Meta HTML. Namun, ketika ini kita bangun, meta tag atau tag Meta HTML dapat meningkatkan lalu lintas mesin pencari ke blog atau website kita. Karena kalau kita ingin mendapatkan "search engine friendly" meta tag atau tag Meta HTML harus ada pada semua halaman blog atau website kita.

Terkait dengan hal diatas, baru-baru ini saya menemukan saran yang - kalau menurut saya - sangat membantu sekali alam hal mengoptimalkan meta tag untuk blog atau website kita, dimana ada beberapa elemen penting jika ingin mengoptimalkan meta tag dalam kaitan Optimasi SEO yang meliputi tiga unsur utama dalam otimasi SEO, yaitu:

1). Tag Title atau Tag Judul
2). Tag Meta Descripsi atau Tag Meta Description
3). Tag Meta Keywords

Saran atau tips ini saya temukan saat menjelajag dan mengeksplorasi situs ScrubTheWeb – salah satu situs yang kemampuannya bisa membantu kita dalam menganalisa Tag Meta serta HTML Meta Tags Checker secara gratis - kalau kita ingin mengotimalkan itu semua dalam optimasi SEO untuk perkembangan blog atau website kita, setidaknya memiliki penjelasan sbb:

Tag Title atau Tag Judul

Untuk optimalnya, tag title ata tag judul seharurnya memiliki panjang karakter sebanyak 60 karakter. Memiliki title yang salah akan membunuh rangking blog atau website kita di search engine. Batas 60 karakter tersebut ini tidak lain karena setiap mesin pencari memiliki pola yang berbeda pula. Perlu diketahui, ada beberapa mesin pencari hanya menampilkan maksimum 60 karakter dari teks judul dalam halaman hasil mesin pencarian mereka. Jika lebih dari itu, maka kita tidak akan pernah mendapatkan apa yang disebut "search engine friendly".

Tag Meta Description atau Tag Meta Descripsi

Untuk meta tag deskripsi sendiri biar lebih optimal sebagaimana yang disarankan oleh scrub haruslah memiliki 150 karakter. Lebih baik kalau kurang dari itu. Mengapa harus demikian? Karena tidak semua mesin pencari menampilkan tag meta deskripsi setiap waktu, namun ada beberapa search engine utama – missal Google – melakukan “utilize” dan akan menampilakn tag meta deskripsi dalam halaman hasil mesin pencariannya. Dengan mengetahui cara optimasi tag meta deskripsi akan membantu peningkatan trafik untuk blog atau website kita.

Batas 150 karakter tersebut karena ada beberapa mesin pencari hanya menampilkan maksimum 150 teks karakter deskripsi dalam halaman hasil mesin pencari mereka. Dengan tetap menjaga tag meta deskripsi dibawah 150 karakter akan membuat suatu”sensasi” bagi siapa saja yang menemukan blog atau website kita di halaman hasil mesin pencari. 

Tag Meta Keywords 

Tag meta keywords sekurang-kurangnya harus berisi sebanyak 874 karakter (kurang dari itu malah lebih baik). Batas 874 karakter adalah perhitungan berdasarkan kemampuan penyimpanan kebanyakan pada setiap mesin pencari. Namun ini  berarti bahwa kita harus memasukkan sebanyak 874 karakter dalam tag meta keywords.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs