Internet, Ngeblog dan Dunia Afiliasi

Dasril Iteza - Penciptaan internet dan produksi massal komputer telah mengubah banyak hal dalam setiap sendi kehidupan. Sekarang, dengan bermodalkan website atau hanya blog gratisan setiap orang memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Hal yang hanya perlu dilakukan adalah mencari informasi di mesin pencari seperti Google untuk membuka peluang tersebut dan akan membawa lebih banyak pemahaman lebih dari yang pernah kita bayangkan. Meskipun mungkin terbesit pemikiran alangkah mudah dan merepotkannya mencari nafkah di internet, ini benar-benar membutuhkan perencanaan yang mapan serta dibarengi dengan kerja keras!

Semua orang dapat menjalankan bisnis online ini baik secara full time maupun sekedar part time, dan pasar potensial kemungkinan akan tercipta jauh melebihi dari sekedar toko biasa. 
Hal pertama yang dibutuhkan saat memutuskan itu semua adalah jenis bisnis yang tepat untuk dijalankan, kemudian melakukan penelitian pasar. Diantara sekian banyak pilihan yang mungkin pas buat kita – terutama – para blogger yang hanya bermodalkan gratisan adalah: 
1). Affiliate program 
2). Adsense program
3). Menjual produk 

Program Afiliasi akan membayar komisi untuk penjualan produk sebuah perusahaan. Merchant akan punya kontak dengan pelanggan, karena semua yang dilakukan adalah memberikan jasa penjualan mengarah pada perusahaan dimana kita adalah sebagai “jembatan” antara perusahaan yang memiliki produk dan jasa serta pembeli dari produk atau jasa tersebut. Sebut saja program afiliasi yang sekarang ini banyak digemari orang adalah afiliasi dari Amazon.com. 

AdSense Program dari Google AdSense adalah dimana kita sebagai publisher berafiliasi dengan Google AdSense kemudian menambahkan iklan kontekstual dari program Google AdSense tersebut. Memakai metode pay per click, dimana ketika seseorang mengklik sebuah iklan AdSense pada website atau blog kita, maka kita akan menerima dolar. Dimana-mana, Google AdSense ini digandrungi oleh banyak kalangan dalam langkah monetisasi website atau blognya.

Pay per click advertising bukan hanya milik Google AdSense semata, dunia internet ini sangat luas ada banyak program serupa yang bisa dimanfaatkan. Mungkin memang benar, pesona Google AdSense melebihi pay per click jenis lainnya.

Metode terakhir adalah menjual produk. Mereka yang membuat website dengan fasilitas shopping cart kemudian memberikan rincian sebanyak mungkin tentang produk atau layanan. Ketika pelanggan membeli produk atau layanan, disnilah pembayaran akan diterima berdasarkan pada apa yang dijual dan berapa banyak penjualan telah dihasilkan.

Namun beberapa usaha diatas memerlukan waktu, tenaga bahkan uang (minimal untuk koneksi internet) serta dedikasi. Jika tetap fokus dengan hal-hal diatas, bukan tidak mustahil akan memberikan hasil yang bermanfaat sebagai buah dari kesabaran dan dedikasi. Telah banyak contoh-contoh diluar sana yaitu mereka-mereka yang boleh dikatakan berhasil dalam menjalani beberapa usaha diatas!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs