Arsip Gambar Statis (Photo, Slide)

Dasril Iteza - Arsip gambar statis atau arsip photo merupakan salah satu dari bagian arsip bentuk khusus (special format records), dimana merupakan arsip berbentuk non tekstual, sebagaimana yang telah diulas dalam langkah-langkah penilaian arsip statis.

Arsip photo umumnya memiliki nilai kebuktian (evidensial) yang lebih nyata dibanding arsip tekstual, karena dapat melukiskan, menggambarkan bukti keberadaan organisasi, akomodasi, personil dari suatu lembaga/ organisasi. Selain mempunyai nilai kebuktian, umumnya photo juga memiliki nilai informasi yang lebih bervariasi disbanding arsip tekstualnya, tapi tidak berarti semua arsip photo harus disimpan.

Terkait dengan penilain arsip statis (baca juga kriteria arsip statis), beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melaksanakan penilaian terhadap arsip gambar statis atau arsip photo, antara lain: 
  • Subjek Informasi: disesuaikan dengan kebijakan akuisi mengenai arsip-arsip yang mempunyai nilai permanen;
  • Keunikan Isi: bila arsip ini berdiri sendiri perlu dipertimbangakan apakah arsip photo ini asli atau reproduksi;
  • Kualitas Gambar: Fokus, Warna dan Komposisi;
  • Kualitas fisik yang harus diperhatikan antara lain jumlah dan ukuran.

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs