Evaluasi AdSense

Dasril Iteza - Perlukah publisher Google AdSense melakukan evaluasi terhadap AdSense-nya? Bagi yang merasa perlu maka perlu melakukannya, sedangkan bagi yang tidak perlu maka tidak perlu melakukannya (yang penting klik jalan terus dan dolar tetap mengalir, Beres!). Bagi yang merasa perlu, pertanyaannya sekarang mengapa perlu melakukan evaluasi AdSense dan apanya yang harus di evaluasi? Bukankah ini merupakan sebentuk pertanyaan bagus? 

Melakukan Evaluasi AdSense jelas sangat penting terhadap perjalanan website atau blog kita yang sudah sedemikian lama “dihinggapi” oleh Google AdSense. Karena dengan melakukan evaluasi, kita bisa menganalisa kekurang disana sini terkait dengan optimasi AdSense yang memiliki tujuan akhir tentu saja untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin. Tulisan ini bukanlah merupakan tips atau trik, namun tidak lebih sebuah gambaran jika kita memang ingin mendapatkan hasil dari AdSense semaksimal mungkin.

Beberapa hal yang perlu di evaluasi adalah:

Pertama, Mengukur dan Memonitor Hasil. Hasil seperti apa yang telah didapatkan setelah bersusah payah melakukan Optimasi AdSense. Tujuannya adalah seberapa banyak pengunjung yang datang dan mengklik AdSense kita. Meskipun mendaftar AdSense itu gratis, namun untuk Optimasi AdSense itu tidaklah gratis, dibutuhkan waktu, tenaga serta duit (minimal untuk biaya koneksi internet). Tentu saja setelah melakukan tiga hal itu, kita harus mendapatkan hasilnya, bukan?

Kedua, Indikator Keberhasilan AdSense. Sebenarnya ini relative. Namun Google AdSense akan membayar begitu saldo kita telah mencapai $100. Mungkin ideal jika dikatakan $100 tersebut didapatkan sebulan sekali, namun sekali lagi ini masalah relative. Lantas bagaimana kalau ada kasus yang mendapatkan cek AdSense setahun kemudian karena jumlahnya baru genap $100 begitu setahun menjalankan AdSense? Mungkinkah ini bisa dibilang “belum sukses”?

Ketiga, Pengukuran Keywords. Keywords atau kata kunci sangat penting untuk mendapatkan nilai klik berbiaya tinggi. Dengan menggunakan fitur dari AdWords Keywords Tool, kita bisa mendapatkan gambaran analisa atau gambaran terhadap “high paying keywords” yang nantinya digunakan sebagai “ide” dalam membuat artikel terbaru dengan keywords yang high paying.

Keempat, Evaluasi Traffic. Analisa ini bisa dilihat dengan Blogger Stats (pengguna blogger) dimana traffic bisa datang atau pengunjung yang datang ke blog kita entah itu menggunakan search engine, website atau blog lain atau menggunakan pengetikan langsung (direct). Untuk urusan traffic kita bisa melakukan Optimasi SEO dan berbai cara lainnya untuk mendatangkan serta meningkatkan traffic pengunjung ke blog.

Kelima, Evaluasi Kontent. Konten atau Artikel yang Bagus dan Berkualitas serta Unik, karena ini akan lebih dihargai dan tentu saja diburu oleh orang. Konten berkualitas jelas akan diburu oleh pengunjung manapun berdasarkan tingkat keunikannya sehingga peluang terhadap klik AdSense semakin tinggi.

Keenam, Evaluasi Blog. Kita tidak bisa mendapatkan apapun kalau blog kita tidak dikenal atau tidak diketahui oleh orang lain (pengunjung), sebab hanya pengunjunglah yang akan mengklik AdSense kita. Membuat tampilan blog sehingga menarik orang yang berkunjung saya pikir juga memiliki andil, sehingga ini akan membuat orang merasa betah saat mengeksplorasi blog kita.

Kalau sudah bicara masalah ini, maka seluruh aspek rasanya akan berhubungan, katakanlah misalnya SEO. Jadi evaluasinya adalah sudahkah blog kita mendapatkan banyak pengunjung? Kalau belum segeralah cari informasi, tips maupun trik untuk optimasi Blog agar blog ramai dikunjungi dan membuka peluang lebar untuk AdSense di klik oleh pengunjung. Lakukanlah promosi disana sini yang bertujuan mengenalkan blog kita.

Ketujuh, Evaluasi Optimasi AdSense. Memang bukan jaminan, tapi letak dan format iklan yang mendukung akan membuka peluang AdSense di klik oleh pengunjung. Sehingga evaluasi benar-benar AdSense anda berkaitan dengan tata letak, tampilan atau format teks yang digunkan. Evaluasi apakah sudah sesuai seperti “bentuk samaran” dengan halaman blog anda, sehingga pengunjung merasakan ini bukanlah iklan namun tidak lebih dari “related posts”.

Demikian bebarapa hal yang berkaitan dengan evaluasi AdSense dan sekali lagi saya perlu menekankan bahwa beberapa point diatas bukanlah sebentuk tips atau trik, namun tidak lebih sebagai gambaran saja dalam melaksanakan berbagai langkah-langkah dalam Evaluasi AdSense. Saya pikir masih banyak hal yang mesti dievaluasi, akan tetapi setidaknya beberapa gambaran diatas bisa dijadikan renungan untuk dipertimbangkan serta ditinjau kembali jika kita memang serius ingin mendapatkan penghasilan yang maksimal dari Google AdSense.

Happy AdSense!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs