Siapa pemilik torpedo yang ditemukan di Belitung 3 tahun silam?

Tahun 2007 silam tepatnya Minggu tanggal 6 Mei 2007, masyarakat Belitung dikejutkan dengan penemuan torpedo oleh nelayan Sutoyo dengan dua orang rekannya di perairan Tanjung Binga. Torpedo tersebut ditemukan Sutoyo cs dalam keadaan terapung-apung di laut tepatnya 35 mil barat laut Pulau Lengkuas, Belitung.


Spesifikasi torpedo yang ditemukan para nelayan tersebut adalah torpedo dengan dua baling-baling dan memiliki empat sirip dengan panjang 7,2 meter.

Namun yang menjadi misteri dari torpedo ini hingga detik ini belum terkuak siapa atau kapal selam mana yang memiliki torpde ini.

Informasi dari antara (2007) mengatakan bahwa dari hasil pengecekan fisik sementara, torpedo berwarna perak itu bukan eks-perang dunia kedua dan bukan milik TNI AL. Artinya kalau bukan milik militer Indonesia pasti milik militer Negara lain. Namun Negara mana?

Hingga detik ini misteri siapa kepemilikan torpedo tersebut tidak diketahui. Bukan Cuma kepemilikan torpedo itu saja, sepertinya Indonesia telah “kecolongan” dimana ada kapal selam yang melontarkan torpedo tersebut dari perairan Indonesia. Dari pengamatan awam, saya pikir pastilah torpedo tersebut ditembakkan di perairan Indonesia (dalam hal ini perairan Belitung). Mengapa demikian? Coba amati peta Indonesia. Belitung adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh tiga pulau besar yaitu: Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Tidak mungkin torpedo tersebut akan sampai diperairan Belitung jika ditembakkan dari luar garis batas perairan Indonesia. Sudah pasti torpedo tersebut akan menghantam sesuatu, bukan?

Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AL (Kadispenal) Kolonel Laut Sugeng Darmawan yang saat itu masih menjabat pernah mengatakan bahwa torpedo tersebut akan diteliti oleh tim teknisi penjinakan bom Dinas Senjata dan Elektronika TNI AL.

Sekarang tiga tahun telah berlalu sejak penemuan torpedo tersebut, namun, siapa kepemilikan torpedo tersebut masih menjadi misteri yang tidak/ belum terpecahkan. Saya sudah berusaha browsing sana sini untuk mencari laporan hasil penelitian tim teknisi penjinakan bom Dinas Senjata dan Elektronika TNI AL namun hasilnya nihil.

Laporan tersebut mungkin sudah ada dan pihak TNI AL mungkin juga sudah mengetahui siapa pemilik torpedo tersebut, dan mungkin juga demi beberapa alasan tertentu, pihak pemerintah dalam hal ini TNI AL tidak mempublikasikan dan mungkin memang bukan untuk konsumsi masyarakat awam seperti saya ini dan misteri siapa kepemilikan torpedo tersebut tetap akan tersimpan selamanya sebagai mana layaknya torpedo yang merupakan senjata bawah permukaan air yang keberadaannya sulit diidentifikasi.

-------------------------------------------------------------------------------------



2 comments :

Ardiawan.com Monday, December 27, 2010 at 12:09:00 AM GMT+7  

mungkin punyanya Malaysia gan

Dasril Iteza Monday, December 27, 2010 at 7:31:00 AM GMT+7  

mungkin saja... seluruh negara yang punya torpedo kemungkinan memiliki peluang untuk menjadi "tersangka", gan

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs