Melihat Belitung dari sektor pariwisata

Pulau Belitung merupakan sebuah pulau yang dinaungi oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam bahasa dialek melayu local, Belitung diucap dengan kata Belitong! Jika kita mencoba melihat Belitung dari Sektor Pariwisata, maka Belitung adalah sebentuk pulau yang sangat potensial sekali dalam hal pariwisata.

Dari sisi tempat wisata atau objek wisata seperti pantai, Belitung dianugerahi oleh Yang Maha Kuasa akan keindahan pantai-pantai yang sangat cantik dan menakjubkan dengan gugusan bebatuan granit sebagai nilai tambah kecantikan pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung. Sebut saja misalnya Pantai Tanjungpendam yang berlokasi di pusat jantung kota Tanjungpandan, Pantai Tanjungkelayang dan Pantai Tanjungtinggi yang membuat turis-turis asing sering menghabiskan waktu liburannya disini. Ada juga Pantai Punai dan Pantai Bukit Batu yang berada di sisi timur Pulau Belitung. Yah, Belitung merupakan pulau ideal karena hampir seluruh sisi pulau dikelilingi oleh pantai-pantai wisata yang menakjubkan!

Jika saya kaitkan dengan Timah, Belitung dikenal sebagai salah satu pulau penghasil timah terbesar di Indonesia. Jauh-jauh sebelum dikuasai oleh PT. Timah, aktivitas penambangan timah dikuasi oleh orang-orang Belanda. Jadi tidak mengherankan kalau di Belitung ada banyak sekali tempat-tempat serta bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Kolonial Hindia Belanda yang bisa kita jumpai. Beberapa bangunan bersejarah peninggalan Kolonial Hindia Belanda yang masih bisa kita lihat dan kita kunjungi diantaranya: Eks. Rumah Tuan Kuase dan Museum Tanjungpandan yang terletak sekitar 200an meter dari Pantai Tanjungpendam, Mercusuar usia lebih dari seabad karena dibangun pada tahun 1882 dan mercusuar ini masih bisa kita saksikan di Pulau Lengkuas. Dari puncak ketinggian Mercusuar Pulau Lengkuas kita bisa menyaksikan pemandangan Pulau Belitung yang sangat sukar untuk dijabarkan dengan kata-kata. Di kawasan timur Pulau Belitung, kita juga masih bisa melihat dan menyeberangi sebuah bendungan tua peninggalan Kolonial Belanda yaitu sebuah bendungan yang bernama Bendungan PICE! Bendungan Pice ini terletak di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, merupakan sebuah bendungan yang dibangun diatas Sungai Lenggang (atau disebut juga Sungai Linggang) yang merupakan sungai terbesar yang ada di Belitung!


Dan geliat perkembangan pariwisata Belitung pun sekarang ini bisa saya katakan semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan banyaknya investor yang membangun hunian berupa hotel-hotel berbintang yang tentu saja siap menyambut siapa saja yang ingin menghabiskan waktunya di Belitung.

Saya pikir, kini saatnya buat anda semua untuk berkunjung ke Belitung, saksikan dan rasakan serta jelajahi banyak hal yang ditawarkan oleh Pulau Belitung kepada anda semua!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs