WAKATOBI dan BELITONG

Bulan April 2009 silam - oleh kantor tempat saya bekerja – saya dikirim ke Bandung untuk mengikuti sebuah DIKLAT. Saat itu saya berkenalan dengan dua orang teman yang juga mengikuti DIKLAT yang sama dengan saya. Kedua teman saya tersebut berasal dari WAKATOBI, sebuah kabupaten kepulauan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Singkat kata, saat saya berkenalan, mereka menanyakan dari mana asal saya. Terus terang saja saya menjawab bahwa saya berasal dari BELITONG (Pulau Belitung). Kontan mereka terkejut. Keterkejutan mereka bukan lain karena saat itu - eforia meledaknya Film Laskar Pelangi yang dibuat dari Novel dengan judul yang sama karya “Urang Belitong” yaitu ANDREA HIRATA, disutradarai oleh RIRI REZA dan bersetting di Pulau Belitong - masih sedang “mengamuk-ngamuknya”.

Kumandang kata-kata pujian keluar dari mulut teman WAKATOBI saya ini. Mereka mengatakan bahwa BELITONG itu hebat, orang-orang BELITONG itu juga hebat. Mampu menghasilkan karya spektakuler sehingga terkenal di seluruh republik ini bahkan sampai ke mancanegara! Mereka mengatakan, meledaknya novel dan film LASKAR PELANGI sedikit banyaknya pasti akan berimbas banyak sektor, yang salah satunya adalah sektor pariwisata. Memang benar, ucapan teman WAKATOBI saya tersebut sekarang ini menjadi kenyataan dan Belitong semakin ramai dikunjungi oleh wisatwan baik domestik maupun mancanegara. Bahkan, kini Belitong dikenal sebagai NEGERI LASKAR PELANGI.

DIKLAT yang saya ikuti bersama-sama dengan teman WAKATOBI tersebut adalah DIKLAT PENGADAAN BARANG/ JASA dan teman WAKATOBI tersebut dikirim dari DINAS PARIWISATA kabupaten setempat! Mengingat kembali percakapan yang pernah saya lakukan bersama-sama dengan teman WAKATOBI tersebut adalah bahwa mereka ingin seperti BELITONG yang dikenal priwisatanya. Setidaknya mereka ingin berbuat sesuatu untuk memajukan pariwisata daerah mereka sendiri agar maju dan lebih maju!

Dua tahun setelah DIKLAT…

Kini, WAKATOBI dan BELITONG siap mengusung even berskala internasional yang bertema SAIL WAKATOBI-BELITONG 2011 (Sail Wa-Be 2011).

Pertemuan yang singkat antara saya yang dari BELITONG dengan dua orang dari WAKATOBI dalam suatu Diklat Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah telah memberikan semacam paradox tersendiri bagi saya bahwa nun jauh disana – di WAKATOBI sana – masih ada dua orang PEGAWAI NEGERI SIPIL yang ingin berbuat sesuatu bagi daerahnya guna megharumkan nama daerah sekaligus nama Bangsa Indonesia yang belakangan makin tercoreng oleh beberapa oknum Pegawai Negeri yang telah seenak perut dan pantatnya justru ingin mempertebal kantong mereka sendiri dan dengan uang dari kantong tersebut – sungguh mengerikannya – bisa membeli hukum di Republik Indonesia ini!

Kembali ke WAKATOBI dan BELITONG, andaikan saja teman WAKATOBI saya tersebut membaca tulisan ini, saya juga akan menyampaikan hal bahwa apa yang diimpikan oleh kedua orang teman saya dari WAKATOBI tersebut bolehlah dikatakan menjadi kenyataan dalam keinginan memajukan sektor pariwisata daerah mereka. Setidaknya ini dibuktikan dengan tinggal beberapa bulan lagi Indonesia akan diramaikan oleh even internasional SAIL WAKATOBI-BELITONG 2011!

Begitu pun dengan saya dari BELITONG ini, akan menantikan megahnya Sail Wakatobi-Belitong 2011 untuk menjadi Sail Spektakuler dari Sail-sail yang sebelumnya dan mungkin suatu saat nanti saya akan terbang ke WAKATOBI guna melihat indahnya objek wisata mereka dan mungkin sekaligus menyambagi teman lama seperti yang telah saya sebutkan diatas… dan dari BELITONG ini saya membayangkan senyum sumringah dan bangga dari kedua teman WAKATOBI saya tersebut akan usaha mereka yang “berhasil” memajukan sektor pariwisatanya!

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankBlogarama - Blogging Blogs
eXTReMe Tracker