Pulau-pulau penghasil timah Indonesia: Berkah atau Kutukan?

Hari Selasa, tanggal 21 Oktober 2008 silam, reuters.com memuat artikel menarik yang berjudul “Indonesia's tin islands: blessed or cursed?” Sangat menarik sekali, bukan?

Kalau dipikir-pikir apa yang diutarakan oleh reuters tersebut cukup beralasan juga, meskipun sebenarnya ini sudah sanggat disadari oleh Negara Indonesia sendiri. Ya, siapa yang mau memungkiri bahwa Indonesia adalah Negara yang kaya dalam banyak hal? Kaya akan sumber daya alam material, kekayaan panorama alam nan indah yang tanggal 17 Januari nanti akan memiliki slogan baru “Wonderful Indonesia” dan tidak lupa Indonesia juga merupakan ladang yang sangat subur bagi para KORUPTOR, Mafia Pajak dan Sejenisnya! Namun, khusus akan kekayaan alam bahan tambang, ini akan menyisakan ruang buat kita sebagai catatan tersendiri.

Yang diulas oleh reuters tersebut adalah tentang timah yang berada di Bangka Belitung. Pertambangan timah di Bangka dan Belitung telah membawa kekayaan, akan tetapi pada sisi harga! Pada sisi lain justru menimbulkan dampak kerusakan tanah dan lingkungan!


Skala dari kerusakan lingkungan di pulau Bangka dan Belitung dapat anda lihat dengan jelas dari udara, memperlihatkan pemandangan lunar ratusan kawah dan kolong-kolong asam, danau pirus yang tercipta selama berabad-abad silam sebagian besar diakibatkan dari pertambangan timah yang tidak diatur.

Upaya dalam beberapa tahun terakhir untuk mengendalikan penambangan liar di pulau-pulau seperti Bangka dan Belitung telah bergema ribuan mil jauhnya oleh spooking pasar dunia untuk timah di pusat-pusat keuangan global seperti London. Perlu dicatat, ekspor timah dari Indonesia, merupakan produsen dunia terbesar kedua setelah China. Logam putih, banyak digunakan dalam kemasan makanan dan untuk solder produk elektronik.

Pemerintah Indonesia telah menyatakan akan menetapkan kuota produksi timah sebesar 100.000 ton dari 2009 dalam upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan di daerah tambang timah utama. Namun situasi dilapangan sering berkata lain! Ribuan operasi penambangan tradisional skala kecil dan ilegal bermunculan di akhir 1990-an saat krisis keuangan Asia menyapu bersih pekerjaan di sektor-sektor ekonomi lainnya.

Bangka dan Belitung adalah dua pulau pemain utama dalam penghasil timah di Indonesia. Jika memang timah di Bangka dan Belitung adalah berkah, tentunya para penduduk pulau-pulau ini hidup berkelimpahan. Namun faktanya, masyarakat Bangka dan Belitung hidup seolah-olah timah tidak pernah ada di tanah mereka! Mungkin juga timah di Bangka dan Belitung ini mendekati sebentuk kutukan. Akibat penambangan timah baik legal dan illegal telah meninggalkan luka yang dalam bagi tanah ini. Sepanjang sejarah penambangan timah di kedeua pulau ini telah tercipta ratusan kawah dan kolong-kolong asam serta danau pirus yang bisa membahayakan manusia kapan saja!

Kesimpulan:

Selama pihak pemerintah belum memberikan solusi tegas dan nyata atas masalah penambangan timah dan solusi yang tegas dan nyata pula atas kerusakan lingkungan akibat penambangan timah baik legal dan illegal, maka maka timah yang ada di Bangka dan Belitung ini bukan merupakan BERKAH, melainkan sebentuk KUTUKAN!

Hal diatas berlaku juga untuk daerah lain yang memiliki bahan tambang lain seperti emas dan lainnya yang aktivitasnya merusak lingkungan. Coba sedikit kita renungkan, timah yang ada di Bangka dan Belitung ini buat para penduduknya ibarat memakan Buah Simalakama!

Catatan:

1). Photo-photo saya ambil dengan Google Earth diatas Pulau Belitung beberapa waktu lalu dengan berbagai visualisasi sudut pandang mata melihat.

2). Arikel reuters: http://www.reuters.com/article/idUSTRE49K0MF20081021

-------------------------------------------------------------------------------------



0 comments :

Post a Comment

komentar dari anda semua adalah komentar yang memiliki relevansi dengan posting artikel diatas dan saya sangat menghargai kunjungan serta komentar-komentar cerdas dari anda semua! Thanks and Happy Blogging

Dasril Iteza on G+

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Page RankTop  blogs Personal Top Blogs Personal-Journals blog
eXTReMe Tracker
Blogarama - Blogging Blogs